Sumbar Siapkan Anggaran Rp 9 M untuk Bonus Atlet di PON

republika | Nasional | Published at 15/09/2021 15:07
Sumbar Siapkan Anggaran Rp 9 M untuk Bonus Atlet di PON

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Komisi V DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Mukhlis Yusuf Abit mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menyiapkan dana Rp 9 miliar di APBD 2022 yang diperuntukkan bonus bagi atlet berprestasi di PON Papua.

"Ini estimasi angka yang akan kita siapkan dan tentu kita lihat jumlah perolehan medali kita," kata Muklihs di Kota Padang, Sumbar, Rabu (15/9).

Dia meminta atlet yang bertanding dapat bekerja keras untuk meraih hasil maksimal. "Kondisi pandemi ini membuat anggaran yang tersedia tidak banyak. Selain itu pola latihan atlet juga terganggu karena pembatasan," kata Mukhlis.

Dia mengatakan, dalam APBD Perubahan 2021, ada penambahan anggaran KONI Sumbar sebesar Rp 1,4 miliar. Sementara yang berasal dari APBD murni sebesar Rp 5 miliar. Sehingga total anggaran Rp 6,4 miliar untuk mencukupi kebutuhan KONI Sumbar.

"Penambahan anggaran itu untuk membawa 21 personel keamanan ke Papua karena pemda di sana tidak menyediakan keamanan," kata politikus Partai Gerindra itu.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Djoinaldy mengatakan, Pemprov Sumbar berupaya mencukupi kebutuhan para atlet untuk berlaga di PON Papua. "Untuk anggaran sejauh ini aman, meski di tengah pandemi. Tidak hanya kita sendiri yang merasakan, tapi juga seluruh daerah," kata Audy.

Artikel Asli