Sekolah Pengawas Pemilu Diikuti 90 Peserta dari Tiga Kabupaten

lampung.rilis.id | Nasional | Published at 15/09/2021 15:10
Sekolah Pengawas Pemilu Diikuti 90 Peserta dari Tiga Kabupaten

Sembilan puluh orang peserta dari tiga kabupaten mengikuti pelatihan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar.

SKPP diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia di Pringsewu.

Mereka berasal dari Kabupaten Pringsewu (33 orang), Pesisir Barat (25 orang), dan Tanggamus (32 orang).

Kegiatan selama tiga hari ini dibuka Wakil Bupati Pringsewu Fauzi di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, Selasa (14/9/21) malam.

Hadir Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiryah, Sekretaris Bawaslu Lampung Widodo Wuryanto, dan Ketua Bawaslu Pringsewu M Fathul Arifin.

Fauzi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya SKPP oleh Bawaslu RI.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu maupun pilkada. Terlebih, rangkaian persiapan Pemilu 2024 juga akan dimulai.

Kegiatan SKPP ini selaras dengan Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"SKPP ini merupakan tahapan awal dari pelatihan sebagai Kader Pengawas Partisipatif yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjutan," paparnya.

Partisipasi di sini, kata wabup, tidak hanya hadir saat pelaksanaan pemungutan suara. Tetapi bagaimana mengawal pelaksanaan pemilu tersebut agar jujur dan adil sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah demi kemajuan bangsa dan negara. (*)

Artikel Asli