Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan Mudahkan Kerja Vaksinator

lombokpost | Nasional | Published at 15/09/2021 15:07
Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan Mudahkan Kerja Vaksinator

MATARAM BPJS Kesehatan terus memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan penggunaan aplikasi P-Care vaksinasi berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan langkah Pemkot Mataram keluar dari pandemi Covid-19.

BPJS Kesehatan Cabang Mataram terus berkomitmen untuk mendukung langkah pemerintah daerah maupun pusat dalam upaya percepatan proses vaksinasi Covid-19. Bentuk dukungan yang kami berikan dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 yaitu melalui aplikasi P-Care Vaksinasi, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram Sarman Palipadang.

Sarman menjelaskan, melalui aplikasi P-Care Vaksinasi, BPJS Kesehatan telah membantu dalam mendukung pendataan proses registrasi dan verifikasi sasaran penerima vaksin. Kemudian aplikasi ini juga bisa melakukan skrining status kesehatan, penentuan lokasi dan jadwal vaksinasi, penentuan alokasi serta monitoring logistik vaksin dan pencatatan hasil pemberian pelayanan vaksinasi.

Selama pemantauan di lapangan hingga saat ini, aplikasi P-Care dikatakan Sarman sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Para vaksinator dapat melayani peserta vaksinasi dengan baik. Harapannya, dengan adanya dukungan BPJS Kesehatan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi ini, dapat memberikan kontribusi yang baik untuk wilayah Kota Mataram, umumnya Provinsi Nusa Tenggara Barat dan mempermudah vaksinator saat bertugas, ungkap Sarman.

Ahmad salah seorang vaksinator yang bertugas di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di puskesmas mengungkapkan kemudahan yang ia rasakan saat menggunakan aplikasi P-Care Vaksinasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan. Kami dapat mengetahui riwayat pasien penerima vaksin, apakah pasien tersebut telah menerima vaksin atau belum dan pada aplikasi ini, jelasnya.

Aplikasi P-Care juga bisa membantu vaksinator menentukan apakah layak menerima vaksin atau tidak. Sehingga memudahkan petugas menyaring pasien yang akan menerima vaksin. Dengan demikian petugas dapat bekerja lebih cepat.

Namun Ahmad menilai aplikasi P-Care ini belum 100 persen sempurna. Ada beberapa hal yang harus diperbaiki sehingga kedepannya aplikasi ini dapat berjalan lebih baik lagi.

Sebenarnya masih banyak yang perlu dikembangkan lagi dari aplikasi P-Care ini, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan sesuai yang diperlukan oleh petugas di lapangan, ungkapnya.

Sehingga ia mewakili vaksinator atau nakes lainnya berharap aplikasi yang sudah membantu mereka melaksanakan tugasnya dapat terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Agar petugas di lapangan dapat bekerja lebih cepat dan mudah dalam memberikan vaksinasi kepada masyarakat, tutup Ahmad. (ton /adv/r10 )

Artikel Asli