Alasan Sri Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop di Yogyakarta Beroperasi

limapagi.id | Nasional | Published at 15/09/2021 14:10
Alasan Sri Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop di Yogyakarta Beroperasi

LIMAPAGI - Daerah Istimewa Yogyakarta untuk pemberlakuan PPKM termasuk Level 3. Daerah yang Level 3 untuk gedung bioskop diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memilih belum mengizinkan bioskop yang ada di Yogyakarta beroparasi. "Ya nantilah, bioskop itu tempat berkumpul. Itu perlu dibatasi, jangan membuka ruang-ruang yang munkin orang berkerumun," katanya di Kepatihan Yogyakarta, Rabu, 15 September 2021.

Menurut Sultan, dalam operasional fasilitas hiburan seperti bioskop maupun objek wisata yang pentung ada pohak yang berani bertanggung jawab saat beroperasi. "Kalau asal buka tapi tidak bertanggung jawab, wah yo repot tho. kalau ada apa-apa, yang tanggung jawab siapa," ungkapnya.

Raja Keraton Yogyakarta ini mengungkapkan, pada awal-awal PPKM Level 3 diberlakukan di Yogyakarta, sejumlah pihak menginginkan objek wisata beropeasi. "Saya bilang boleh buka, tapi sing tanggung jawab sopo? Tapi ora ono sing tanggung jawab yo wes ora usah (Tapi tidak ada yang bertanggung jawan, ya sudah akhirnya tidak perlu buka)," katanya.

Sri Sultan HB X mengungkapkan, pada masa PPKM Level 3 ini memang ada sejumlah kelonggaran dalam mobilitas masyarakat. Namun Pemda DIY memilih berhati-hati dan membukanya secara bertahap.

"PPKM itu upaya maksimal, kalau itu sampai gagal, mau pakai cara apalagi. Kami tidak ingin seperti daerah lain, begitu dibuka angka Covid-19 naik 150 persen dalam waktu tiga hari," jelasnya.

Artikel Asli