Panggil KPI, Komnas HAM Minta Sikap Resmi Lembaga soal Kasus Pelecehan

limapagi.id | Nasional | Published at 15/09/2021 14:47
Panggil KPI, Komnas HAM Minta Sikap Resmi Lembaga soal Kasus Pelecehan

LIMAPAGI - Komnas HAM memanggil pimpinan KPI terkait kasus dugaan pelecahan seksual yang dialami MA, di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu, 15 September 2021.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, mengatakan yang hadir dalam pemanggilan itu adalah Wakil Ketua KPI, Hadi Purnomo, dan Kepala Sekretariat KPI, Umri. Mereka pun diketahui menjalani pemeriksaan oleh Komnas HAM selama dua jam.

Terkait hasil pemeriksaan, pihak Komnas HAM meminta KPI agar merilis sikap resmi secara kelembagaan dalam kasus MS.

"Kami meminta kepada teman KPI mengirimkan rilis resmi, atau sikap resmi dari KPI terkait kasus ini," kata Beka kepada wartawan.

Beka mengaku pihaknya juga meminta rangkaian peristiwa secara detail yang dialami MS kepada KPI. Namun, pihak Komnas HAM belum dapat menyampaikan apakah ada perbedaan keterangan dari kedua pihak.

"Jadi kami baru tahap mengumpulkan keterangan, belum menganalisa. Kami tidak mau berspekulasi," tutur Beka.

Komnas HAM pun turut memanggil Polres Metro Jakarta Pusat untuk menggali keterangan dari pihak kepolisian. Seluruh data yang dikumpulkan dari berbagai lembaga, nantinya bakal ditelisik lebih lanjut oleh Komnas HAM.

"Setelah itu tahapnya baru kami menganalisa mana yang beda, mana yang sama. Termasuk sisi waktu dan bentuk kejadiannya seperti apa," ujar Beka.

Artikel Asli