Peneliti SMRC: Komitmen Transformasi Digital Airlangga Mampu Pulihkan Ekonomi

rmol.id | Nasional | Published at 15/09/2021 14:27
Peneliti SMRC: Komitmen Transformasi Digital Airlangga Mampu Pulihkan Ekonomi

RMOL.Upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan transformasi digital sudah mulai terlihat. Salah satunya dengan akselerasi penetrasi kepada publik yang cukup terasa beberapa tahun terakhir.

"Karenanya, upaya pemerintah untuk menghadirkan peta jalan transformasi digital di sektor-sektor strategis sudah seharusnya dilakukan, kata peneliti senior Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad kepada wartawan, Rabu (15/9).

Dalam transformasi digital, secara khusus Saidiman mengapresiasi komitmen Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar. Di tangan Airlangga, Indonesia keluar dari resesi ekonomi, dampak pertumbuhan kuartal II-2021 yang mencapai 7,07 persen.

Hal ini dinilainya menjadi alah satunya imbas dari akselerasi pemanfaatkan teknologi dalam kegiatan ekonomi warga.

Hal yang sama terjadi di sektor kesehatan. Pemanfaatan teknologi turut memberikan pengaruh yang sangat signifikan, tutur Saidiman.

Oleh sebab itu, ia mendukung upaya Airlangga mengenai kampanye pemanfaatan dan perluasan akses digital secara konsisten. Di tengah keterbatasan mobilisasi warga, kata dia, peningkatan kesadaran digital adalah sesuatu yang tak terelakkan.

Saidiman juga mengapresiasi upaya pemerintah di bawah komando Airlangga Hartarto dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Di bawah komando Airlangga Hartarto, upaya pemerintah menanggulangi wabah dan pemulihan ekonomi mengalami perbaikan yang sangat signifikan, demikian Saidiman. []

Artikel Asli