Airlangga Hartarto: Indonesia Butuh 9 Juta Telenta Digital di Masa Depan

rmol.id | Nasional | Published at 15/09/2021 14:24
Airlangga Hartarto: Indonesia Butuh 9 Juta Telenta Digital di Masa Depan

RMOL.Generasi muda Indonesia harus bisa meningkatkan kemampuan adaptasi dalam perkembangan dunia digital. Terutama, dalam memaksimalkan peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Begitu disakpaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kuliah umum Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (15/9).

"Di tengah era digital ini, generasi muda juga diharapkan dapat memanfaatkan talenta digitalnya sehingga tidak hanya berperan sebagai job seeker saja, namun dapat juga menjadi job creator," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, pemerintah menargetkan kebutuhan terhadap talenta muda yang berkiprah di sektor digital tidak kurang 9 juta orang.

"Dalam waktu 15 tahun ke depan, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang atau 600 ribu orang per tahun," terangnya.

Jika rencana itu berjalan baik dan target tercapai, lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini, akan ada pemasukan yang cukup besar terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp 4.434 T kepada PDB Indonesia di tahun 2030," pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Rektor UMJ Ma'mun Murod, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilas Saga Ichsan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti, Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar Airin Rachmi Diany dan sejumlah dosen yang hadir terbatas secara fisik. []

Artikel Asli