My Universe Jadi Kolaborasi Coldplay Bareng BTS

jawapos | Nasional | Published at 15/09/2021 14:09
My Universe Jadi Kolaborasi Coldplay Bareng BTS

JawaPos.com Salah satu kolaborasi paling dinantikan di semesta ini akan segera terjadi. Coldplay mengonfirmasikan bahwa mereka bekerja sama dengan BTS untuk single baru My Universe yang akan rilis pada 24 September.

Kepastian itu muncul sekitar dua bulan setelah gosip rencana kerja dua grup besar tersebut berembus.

BTS membocorkan sedikit cuplikan kolaborasi itu beserta proses pembuatan lagu secara eksklusif di TikTok kemarin (14/9). Dalam klip tersebut terlihat RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook bernyanyi bersama frontman Coldplay Chris Martin. Mereka berdiri membentuk lingkaran menghadap mik. Jungkook mengenakan hoodie Coldplay, sementara Chris Martin memakai hoodie BTS.

Lagu yang dibawakan dengan bahasa Korea dan Inggris itu akan dirilis secara digital dan fisik. Album tersebut berisi dua lagu My Universe dan versi instrumentalnya yang bakal dilengkapi repro lirik tulisan tangan dua grup itu. CD single yang dibanderol hanya EUR 2 atau sekitar Rp 34 ribu tersebut telah terjual habis di situs resmi Coldplay.

Sebelumnya pada Jumat (10/9), BTS dan Chris Martin muncul dalam serial mingguan YouTube Released. Chris mewawancarai BTS menyambut premiere video musik Permission to Dance versi untuk challenge. Maaf karena belum berpengalaman wawancara, ini mungkin bukan yang terbaik, kata Chris. Oh tidak, bagi kami, kamu terbaik, sahut RM.

Dalam kesempatan itu, Chris memberikan pujiannya. Saya merasa selama pandemi ini kalian telah memberi banyak kebahagiaan untuk banyak orang, di masa sulit ini, respek untuk kalian, kata Chris.

Selain merilis cuplikan menyanyi My Universe, kemarin juga menjadi hari istimewa bagi BTS. Grup yang Minggu lalu (12/9) baru memenangkan tiga piala MTV Video Music Awards 2021 itu diundang ke Chong Wa Dae, sebutan istana kepresidenan Korea. Mereka menerima sertifikat penunjukan sebagai utusan khusus presiden untuk agenda tahunan Majelis Umum PBB di New York pekan depan.

Ketujuh personel BTS bakal hadir bersama Jae-in di Decade of Action, yang merupakan pertemuan kedua SDG Moment alias paparan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Acara itu dijadwalkan berlangsung secara virtual pada 20 September waktu setempat. BTS dijadwalkan memberikan pidato sambutan di sesi tersebut plus tampil via video pre-recorded.

Karena BTS menyampaikan pesan menenangkan hati dan penuh harapan pada dunia, kehadiran mereka di Majelis Umum PBB kali ini diharapkan bisa menjadi kesempatan bermakna untuk memperluas komunikasi dengan generasi muda di seluruh dunia dan menarik simpati mereka pada isu utama internasional, ungkap perwakilan Chong Wa Dae dalam pernyataan resmi.

Penunjukan BTS di agenda PBB itu bukan hal yang baru. Sebab, pada Juli lalu, pihak istana kepresidenan mengungkapkan, Presiden Moon Jae-in telah memutuskan penugasan boyband asuhan Big Hit Entertainment tersebut. Selain itu, BTS juga beberapa kali menjadi duta PBB dalam kampanye yang menyasar anak muda.

Pada Hari Kemerdekaan Korea pada 15 Agustus lalu, Jae-in juga memuji industri hiburan Korea termasuk BTS yang berhasil membawa kebudayaan Negeri Ginseng itu ke dunia. Dia memuji lagu Butter milik BTS, kemenangan Oscars sutradara Bong Joon-ho dan aktris Youn Yuh-jung. Menurut dia, mereka telah mewakili impian Kim Gu, mantan presiden sekaligus tokoh penting kemerdekaan Korea.

Kim Gu, yang punya nama pena Baekbeom, memimpikan negara dengan budaya yang berkembang pesat. Hari ini aspirasinya terwujud lewat seni dan budaya kita, ungkapnya. Jae-in menyatakan, ekspor konten budaya Korea mulai K-pop, drama, hingga webtoon berhasil menyumbang USD 10 miliar (Rp 142,5 triliun) pada 2020. Nominal itu adalah yang tertinggi sepanjang masa. Capaian ini menunjukkan betapa besarnya potensi orang-orang Korea yang mencintai budaya dan seni, lanjut presiden ke-12 Korea itu.

Artikel Asli