Soal Kebakaran, Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang Masih Berstatus Saksi

limapagi.id | Nasional | Published at 15/09/2021 13:26
Soal Kebakaran, Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang Masih Berstatus Saksi

LIMAPAGI - Penyidik Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah memeriksa Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, Victor Teguh Prihartono terkait kebakaran yang terjadi pada Rabu, 8 September 2021.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Tubagus Ade Hidayat memastikan Victor yang selesai diperiksa pada pukul 22.00, Selasa, 14 September 2021 masih berstatus saksi.

"Masih berstatus saksi ya setelah selesai diperiksa semalam, kata Tubagus dalam keterangannya, Rabu, 15 September 2021.

Ia mengungkapkan dalam pemeriksaan, penyidik mencecar sejumlah pertanyaan umum terhadap Victor. Pertanyaan itu berhubungan dengan tugasnya sebagai Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang.

"Saya enggak begitu hafal jumlah pertanyaannya. Tetapi masih bersifat umum. Menyangkut tentang masalah fungsi dan tugasnya," ucapnya.

Selain Kepala Lapas, ia mengatakan pemeriksaan juga dilakukan terhadap Kepala Bagian Tata Usaha. Sama dengan Kepala Lapas, pemeriksaan masih terkait kapasitas sebagai saksi kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang.

"Dengan Kabag (Kepala Bagian) Tata Usaha sama diperiksa juga dalam kapasitas sebagai saksi," katanya.

Dari pemeriksaan tersebut maupun pemeriksaan sebelumnya, kata dia polisi belum menetapkan tersangka.

Untuk mencari tersangka kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, polisi masih harus menjalankan proses penyidikan lebih lanjut.

"Kita kan belum ada tersangka, hanya sudah naik sidik, artinya diduga ada pidana. Siapa tersangkanya? Nah ini dalam proses penyidikan, penyidik sedang mencari itu," ujar Tubagus.

Dalam pemeriksaan Selasa, 14 September 2021 penyidik Polda Metro Jaya memeriksa total sembilan saksi terkait kasus kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Sembilan saksi lain yang diperiksa, antara lain Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Administrasi, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Kepala Sub Bagian Kum, Kepala Seksi Keamanan, dan Kepala Seksi Perawatan serta dua warga binaan.

Pemeriksaan ini dilakukan guna mencari apakah ada unsur pidana dalam kebakaran, seperti tertuang dalam Pasal 359 Kitab Hukum Undang-Undang Pidana (KUHP) tentang Kelalaian yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

Artikel Asli