Muncul Reklame Minol di Gresik, Gerindra Minta Ditertibkan

jawapos | Nasional | Published at 15/09/2021 12:52
Muncul Reklame Minol di Gresik, Gerindra Minta Ditertibkan

JawaPos.com Warga Gresik belakangan dikejutkan dengan sebuah reklame aneh. Yakni, sebuah produk minuman beralkohol (minol) dengan merek Prost. Lokasinya, di simpang empat Jalan Kalimantan, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB). Tak ayal, pemandangan itupun memantik reaksi dari sejumlah kalangan.

Kami mempertanyakan keberadaan reklame itu. Sebab, jelas-jelas itu produk minuman semacam bir. Kandungan alkoholnya 4,8 persen, kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Gresik Lutfi Dawam.

Dalam papan reklame cukup besar tersebut memang tidak jelas disebutkan kandungan alkoholnya. Hanya ada tulisan besar: Beda Berkelas. Namun, pada era digital seperti sekarang siapapun bisa melacaknya kalau produk bersangkutan tidak lain adalah bir. Temuan itu jelas bertentangan dengan Perda Nomor 19 Tahun 2004, ujarnya.

Perda 19/2004 tersebut mengatur tentang Larangan Peredaran Minuman Keras di wilayah Kabupaten Gresik. Dalam salah satu pasalnya disebutkan barang siapa mengedarkan, menawarkan, dan memperdagangkan minuman keras dapat dipidana dengan pidana kurangan paling lama 3 bulan dan denda paling banyak Rp 6 juta.

Karena itu, kami meminta Pemkab Gresik untuk segera menertibkan raklame bersangkutan. Spirit perda itu sejatinya membentengi Gresik yang notabene sebagai kota santri agar terbebas dari miras, tegasnya.

Lutfi menambahkan, pihaknya belum mengetahui apakah reklame tersebut berizin ataukah tidak. Jika memang sudah mengantongi izin, maka semestinya bisa dilacak mengapa sebuah produk minol sampai diberikan izin. Sebaliknya, kalau memang ilegal maka sebaiknya segera ditertibkan. Sebab, tentu tidak mendidik, tegasnya.

Tidak lama setelah sempat viral di medsos, dari pantauan Jawa Pos pada Kamis (15/9) siang, reklame yang memicu polemik tersebut sudah dilepas. Entah dilepas petugas Satpol PP ataukah pemasang reklame bersangkutan.

Artikel Asli