Jembatan Sei Alalak Bakal Jadi Penopang Geliat Ekonomi Banua Hadapi Pandemi

apahabar.com | Nasional | Published at 15/09/2021 11:56
Jembatan Sei Alalak Bakal Jadi Penopang Geliat Ekonomi Banua Hadapi Pandemi

apahabar.com, BANJARMASIN Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Aris Gunawan mengatakan rencana peresmian jembatan Sei Alalak bakal mendorong dan mengeliatkan pertumbuhan ekonomi Banua (Kalsel) di masa pandemi Covid-19.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya yang duduk di Komisi Bidang Ekonomi mengatakan, pembangunan infrastruktur jadi sektor penting dalam pergerakan ekonomi. Infrastruktur disebut sebagai roda karena akan mempermudah akses distribusi barang dan jasa.

Menguntungkan dalam segi perekonomian, yang jelas perjalanan jadi lancar, kata Aris, Rabu (15/9).

Ia mengatakan jembatan itu pun bakal jadi objek penting dalam ekonomi kedua provinsi. Dari situ, akan meningkatkan konsumsi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Jika melihat laporan pertumbuhan yang dirilis Bank Indonesia per 1 Maret 2021, Ekonomi Banua pada triwulan IV 2020, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan mengalami perbaikan kontraksi dibandingkan triwulan III 2020.

Sementara dari sisi permintaan, perbaikan kontraksi pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari perbaikan kontraksi ekspor dan konsumsi pemerintah di tengan konsumsi RT dan investasi yang masih terbatas.

Dari sisi penawaran, perbaikan kontraksi ekonomi terutama bersumber dari perbaikan sektor pertanian, pertambangan, dan industri pengolahan. Secara keseluruhan tahun 2020, perekonomian Kalimantan Selatan mengalami kontraksi, lebih rendah dibandingkan 2019 akibat tekanan yang terjadi terkait pandemi Covid-19, jelasnya.

Kemudian, laporan Inflasi Kalsel pada triwulan IV 2020 tercatat sebesar 1,68% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang sebesar 1,04% (yoy).

Secara triwulanan, Kalimantan Selatan mengalami inflasi 1,70% (qtq), berbeda arah dengan triwulan III 2020 yang mengalami deflasi 0,33% (qtq). Inflasi tersebut didorong oleh tarif angkutan udara yang meningkat pada momentum libur panjang akhir tahun 2020.

Artikel Asli