PKBM Al-Amin Gelar ANBK Mandiri

jatimtimes.com | Nasional | Published at 15/09/2021 11:16
PKBM Al-Amin Gelar ANBK Mandiri

JATIMTIMES - Pendidikan non-formal mulai berbenah seiring dengan berkembangnya teknologi dan ketatnya program Kementerian Pendidikan yang mengarah ke era digitalisasi. Seperti yang terlihat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Amin yang beralamat di Jl Raya Mantingan-Sine, Dusun Tempursari, Desa Tambak Boyo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi yang menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Pelaksanaan ANBK tahun ini diikuti oleh 31 Warga Belajar (WB). Mayoritas warga Desa Tempursari dan alumi Pondok Pesantren, ucap Ruswanto pengurus PKBM Al-Amin.

Dirinya juga menyampaikan, ANBK bisa digelar secara lancar dan mandiri. Karena kita punya lab komputer di MTs Ma'arif Tempursari yang juga punya yayasan. Kami tinggal beli server, ujarnya.

Berbekal 15 unit perangkat komputer yang berada di laboratorium MTs Ma'arif Tempursari (masih dalam satu management yayasan) dan perawatan secara berkala menjadi salah satu nilai lebih. Tertatanya pengelolaan lembaga pendidikan non-formal dalam menyambut dan menyelanggarakan semua program pemerintah tersebut.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bukan merupakan hal baru bagi PKBM Al-Amin. Lembaga yang berdiri sejak 2007 dan berada di bawah satu atap dengan pondok pesantren ini diketuai oleh kiai Haji Abdullah Faqih dibantu Ruswanto selaku pengurus/pengelola. Hingga kini, PKBM Al-Amin mempunyai lebih dari 50 Warga Belajar ( WB ) yang mayoritas merupakan santri dan alumni pondok pesantren binaan (ADV).

Artikel Asli