KLU Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 03:38
KLU Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak

Tanjung (Suara NTB) Pemkab Lombok Utara (KLU) mencanangkan vaksinasi bagi ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun. Kegiatan yang dihadiri Wabup dan Ketua TP PKK KLU itu, berorientasi pada target rasio 70-80 persen vaksin, sekaligus mencegah kerentanan Covid pada ibu dan anak.

Ketua Tim Penggerak PKK KLU, Hj. Galuh Nurdiyah, S.Pd., mengatakan vaksin untuk ibu dan anak usia 12-17 tahun merupakan upaya penting untuk mencegah penularan Covid bagi segmen tersebut. Dirinya sebagai TP PKK KLU, mendukung dan meminta agar kaum ibu ikut berpartisipasi menjaga kekebalan tubuh.

Ibu hamil agar tidak takut vaksin. Sebab sebelum disuntik, petugas kesehatan memeriksa akan memeriksa (screening), apakah ibu hamil layak atau tidak untuk divaksin, ujar Galuh di sela -sela vaksinasi di Puskesmas Tanjung, Selasa, 14 September 2021.

Dirinya juga meminta, agar kader Posyandu di tiap dusun berperan serta membantu pemerintah mensosialisasikan arti penting vaksin. Mengingat, ibu hamil dalam kondisi kehamilannya, memiliki kecenderungan imun yang rendah jika tidak dibarengi dengan asupan gizi yang cukup.

Sementara, Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng., dalam sambutannya mengungkapkan pemerintah daerah berkomitmen untuk mensukseskan target vaksin nasional. Di samping upaya ini adalah wujud komitmen perintah mencegah penularan Covid di kalangan ibu dan anak.

Dirinya mengapresiasi, upaya dan kerja keras Tim Vaksin Kabupaten Lombok Utara, dibantu oleh petugas Kesehatan Puskesmas Dinas Kesehatan Lombok Utara. Masyarakat yang sudah maupun belum divaksin, agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai lengah, dan tidak disiplin, saran Wabup.

Wabup menerangkan, sudah disuntik vaksin bukan jaminan warga untuk bebas Covid. Sebab penyakit jenis ini memiliki varian yang bahayanya sama-sama mengancam keselamatan.

Ia meminta pula, seluruh elemen dari unsur pemerintah, NGO dan masyarakat untuk bersinergi mempercepat proses pemutusan rantai penularan. Mengingat Lombok Utara masih mencatatkan angka kasus sebanyak 5 orang. Masing-masing 1 di desa Bentek dan Selelos, 1 di Kayangan, dan 2 kasus di Tanjung. Untuk percepatan vaksinasi, tentu dibutuhkan kolaborasi multi pihak, imbuhnya. (ari)

Artikel KLU Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli