Perkuat Karakter Mahasiswa Baru, STIE AMM Gelar Penataran Sistem Pendidikan

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 03:18
Perkuat Karakter Mahasiswa Baru, STIE AMM Gelar Penataran Sistem Pendidikan

Mataram (Suara NTB) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMM Mataram menggelar Penataran Sistem Pendidikan (PSP) tahun akademik 2021/2022 pada Senin, 13 September 2021 dan Selasa, 14 September 2021 bertempat di Aula Lantai 4 STIE AMM. Kegiatan ini diikuti mahasiswa baru Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi, Prodi S1 Manajemen, dan Prodi D3Akuntansi.

Kegiatan PSP ini dibuka oleh Ketua STIE AMM, Dr. H. Umar Said, S.H., M.M., pada Senin, 13 September 2021.

Wakil Ketua III STIE AMM Mataram, Sukma Hidayat Kurnia, S.H., M.H., ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, peserta PSP ini merupakan para mahasiswa baru. PSP dilaksanakan sebelum mereka mengikuti perkuliahan yang direncanakan akan dimulai pada 20 September 2021 nanti. Pendaftaran mahasiswa baru juga terus dibuka sampai dengan 20 Oktober mendatang.

Sukma Hidayat menjelaskan, tujuan penataran sistem pendidikan ini agar mahasiswa lebih mengenal kampus, serta menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswa baru. Berbagai materi yang disampaikan antara lain sistem Pendidikan dan Proses Belajar Mengajar pada STIE AMM Mataram, Mekanisme Administrasi Akademik/KRS, Sistem Administrasi, Umum Keuangan dan Kepegawaian, Pengembangan Pusat Kewirausahaan dan Produktivitas Nasional di STIE AMM, Organisasi Kemahasiswaan STIE AMM Mataram, Investasi Emas dan lainnya dari Pegadaian, Bahaya Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) dari BNN Provinsi NTB, Sosialisasi Hukum Antikorupsi dari Kejaksaan, dan Pendidikan Karakter di STIE AMM dari tim Humas STIE AMM.

Agar mahasiswa lebih mengerti mengenai kegiatan kampus, akademik, keuangan, pembayaran, penggunaan website untuk perkuliahan online untuk pembelajaran online dan lainnya. Mereka mengetahui apa yang mereka lakukan di kampus. Termasuk untuk pendidikan karakter, jelas Hidayat.

Salah satu narasumber dalam PSP, yaitu Penyuluh Narkoba Ahli Madya Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB, Anggraini Ninik Murnihati, S.H., M.H., yang menyampaikan tentang Bahaya Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Ia menyampaikan tugas dan fungsi BNNP NTB. Ia juga menyampaikan tentang cara agar mahasiswa baru mampu untuk menangkal dirinya dari penyalahgunaan narkotika.

Ia berharap informasi yang mahasiswa dapatkan, bisa mengubah pola pikir mereka tentang penyalahgunaan narkotika. Semula mereka tidak mengetahui narkotika berbahaya yang akan merusak otak mereka dan nanti jadi permanen, diharapkan mereka juga bisa menyampaikan informasi ini kepada keluarga terkecil dan lingkungan mereka, agar informasi edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika lebih luas, harapnya. (ron)

Artikel Perkuat Karakter Mahasiswa Baru, STIE AMM Gelar Penataran Sistem Pendidikan pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli