Pemkab Sumbawa Targetkan 2.917 Ibu Hamil Divaksin

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 03:02
Pemkab Sumbawa Targetkan 2.917 Ibu Hamil Divaksin

Sumbawa Besar (Suara NTB) Pemkab Sumbawa mulai melaksanakan vaksinasi terhadap ibu hamil. Pencanangan dilakukan di Puskesmas Unter Iwes pada Selasa, 14 September 2021, ditandai dengan pemukulan gong. Dalam kegiatan yang dibuka Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si. tersebut, sasarannya sebanyak 61 ibu hamil. Selanjutnya kegiatan ini akan dilakukan serentak di seluruh puskesmas dengan sasaran sebanyak 2.917 ibu hamil divaksin.

Ditemui wartawan usai kegiatan, Varian Bintoro menyampaikan, vaksinasi bagi ibu hamil ini sudah direncanakan oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten untuk serentak dilakukan pencanangan. Untuk hari ini (pencanangan red) ada 61 ibu hamil yang divaksin. Namun untuk sasarannya di Kabupaten Sumbawa sebanyak 2.917 ibu hamil. Mulai besok dilaksanakan serentak selama sepekan vaksinasi ibu hamil se-Kabupaten Sumbawa, ujarnya.

Dijelaskannya, pemberian vaksin terhadap ibu hamil ini karena salah satu kelompok yang rentan tertular Covid-19. Melalui vaksinasi ini diharapkan dapat melindungi ibu hamil dan bayi yang dilahirkan dari penyebaran covid-19. Pemerintah ingin melindungi masyarakat. Masyarakat rentan ini termasuk ibu hamil. InsyaAllah tidak akan berbahaya. Karena perintahnya memang harus aman. Dengan divaksin, sehingga ibu terhindar dari covid, demikian juga dengan bayi yang dilahirkan. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Dikes vaksinatornya, Dinas P2KBP3A, Tim penggerak PKK, kemudian organisasi IBI, PPNI turun semua mendukung program ini, terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Jannatulfala, S.Ap, menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi ibu hamil ini vaksinator sudah dibekali terlebih dahulu. Setelah kegiatan pencanangan, vaksinasi ibu hamil akan dilakukan secara serentak di puskesmas lainnya. Dengan sasaran 2.917 ibu hamil. Hari ini pencanangannya. Insya Allah dilanjutkan di puskesmas di 24 kecamatan yang ada. Insya Allah untuk keseluruhan sasaran 2.917 ibu hamil akan diselesaikan bulan Oktober, ucapnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam proses vaksinasi dan upaya percepatan. Sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kita juga terus berkoordinasi dengan Dikes, terkait proses dan percepatan vaksinasi, pungkasnya. (ind/arn)

Artikel Pemkab Sumbawa Targetkan 2.917 Ibu Hamil Divaksin pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli