Peduli Papua, TNI-Polri Perbaiki Jembatan Yang Dirusak KNPB

rm.id | Nasional | Published at 15/09/2021 09:50
Peduli Papua, TNI-Polri Perbaiki Jembatan Yang Dirusak KNPB

Personel TNI Kodam XVIII/Kasuari dibantu Polri melaksanakan karya bakti perbaikan fasilitas umum, berupa pembuatan jembatan baru di kampung Fakario, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Selasa (14/9).

Jembatan penghubung di Kampung Fakario ini terputus karena dirusak dan dihancurkan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Papua belum lama ini. Sehingga akses jalan terputus. Kondisi ini dinilai sangat berbahaya bagi pengendara maupun pejalan kaki yang melintas.

"Perbaikan jembatan penghubung ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian personel TNI-Polri dalam membantu kesulitan warga di wilayah Maybrat, dan perintah langsung Pangdam Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa," ujar Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Arm Hendra Pasireron dalam keterangan, Selasa (14/9).

Para prajurit bahu-membahu memperbaiki jembatan dibantu berbagai alat berat, seperti exca pc 200, truck tronton, dump truck, dan mesin cainsaw.

Adapun satuan yang terlibat dari TNI yaitu Yonif RK 762, Yon Zipur 20 dan Kodim 1809/Maybrat. Sedangkan dari Polri yakni satuan Brimob Polda Papua Barat.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh warga sekitar, sehingga makin terjalin kedekatan dengan warga demiterwujudnya kemanunggalan TNI-Polri dengan rakyat," ungkap Hendra.

Dia berharap, Langkah ini mampu meringankan beban warga. Selain itu juga bisa membantu mengurangi kekhawatiran warga, sehingga kegiatan sehari-hari menjadi lebih efektif.

Sebelumnya, rombongan Kodam 181/PVT mendapati sekelompok orang yang diduga KNPB sedang merusak jembatan.

Jembatan tersebut berada di Kampung Kamat. Selain merusak jembatan, rombongan juga melihat ada sekelompok orang dari anggota KNPB menenteng senjata api. [ UMM ]

Artikel Asli