Mudahkan Akses Masyarakat, Dinas Kominfo Tambah Pojok Internet Gratis

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 02:41
Mudahkan Akses Masyarakat, Dinas Kominfo Tambah Pojok Internet Gratis

Tanjung (Suara NTB) Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) akan menambah layanan pojok internet gratis. Layanan ini selain merupakan visi misi kepala daerah, juga bertujuan mendukung akses masyarakat ke arah yang positif.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lombok Utara, Khairil Anwar, S.Kom., Selasa, 14 September 2021 mengatakan, pojok internet gratis sudah berjalan sejak beberapa tahun sebelumnya. Hingga kini, tercatat sudah ada 23 titik di 5 kecamatan yang dipasangkan akses internet (WiFi) gratis.

Ia menyebut, di era digital sekarang ini layanan internet mutlak disediakan oleh daerah. Terlebih lagi, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi gadget untuk menjalankan usaha melalui dunia maya.

Sembari memudahkan layanan, Kominfo di saat bersamaan berkewajiban mencegah akses ke layanan yang menyediakan konten negatif. Untuk itu, Kominfo akan memblokir konten-konten yang tidak bermanfaat.

Idealnya Pojok Internet gratis tersediadi semua posisi strategis di seluruh KLU. Di samping itu, keamanan konten juga kita jaga. Konten yang tidak pantas kita blokir, sambungnya.

Mantan Kabag Organisasi ini menambahkan, layanan internet akan berjalan bersamaan dengan misi pemerintah pusat untuk memperbanyak cakupan Kabupaten/Kota Cerdas (Smart City). Di mana implementasi Smart City menghadirkan daya dukung informasi yang menyangkut kondisi dan perkembangan di daerah.

Untuk mewujudkan Smart city tersebut, Kominfo tengah mengumpulkan bahan informasi yang dibutuhkan masyarakat di semua OPD.

Setelah data terkumpul, daerah tinggal berkoordinasi dengan pusat yang membangun aplikasi Smart City, sehingga pelayanan publik bisa maksimal, imbuhnya.

Di samping itu, tambah dia, Kominfo juga terlibat untuk menjamin kesiapan daerah menghadapi kunjungan penonton World Superbike dan MotoGP tahun 2022. Lombok Utara dan beberapa daerah lain, merupakan daerah penunjang yang menyokong Resort Mandalika.

Termasuk optimalisasi layanan aplikasi call center yang ada di OPD, akan kita integrasikan di Kominfo. Sekarang ini aplikasinya parsial di OPD. Ke depan, layanan itu kita satukan di Kominfo, sehingga akses ke masyarakat bisa lebih dikenal, pungkasnya.

terkait cakupan layanan internet gratis, sebelum dilakukan penambahan titik-titik layanan, akan dilakukan upaya perbaikan infrasatruktur utama terlebih dahulu. Dalam waktu dekat mungkin belum bisa dilakukan penambahan sebelum infrastruktur utama terbangun dan terhadap akses internet gratis oleh masyarakat akan dilakukan pembatasan terhadap akses hal-hal yang kurang pantas dan kurang bermanfaat dan akan dilakukan sosialisasi penggunaan internet sehat. (ari)

Artikel Mudahkan Akses Masyarakat, Dinas Kominfo Tambah Pojok Internet Gratis pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli