Apple Perbarui Seri iPad Mini, Layarnya Semakin Lega

jawapos | Nasional | Published at 15/09/2021 09:42
Apple Perbarui Seri iPad Mini, Layarnya Semakin Lega

JawaPos.com Melalui gelaran Apple Event yang berlangsung pada Rabu (15/9) dini hari waktu Indonesia, selain seri iPhone 13 terbaru, Apple juga memperkenalkan seri komputer tablet, iPad Mini terbarunya. Meski masih membawa nama Mini, ukuran layar dari seri iPad Mini baru ini dikatakan lebih lega jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Wakil Presiden Senior Apple untuk Pemasaran Seluruh Dunia Greg Joswiak menjelaskan, iPad Mini terbaru lebih bertenaga namun tetap membawa desain yang compact lagi ringan. Dengan desain ultra-portabel dan berbagai kegunaan dari tugas sehari-hari hingga aplikasi kreatif dan pekerjaan, iPad Mini adalah perangkat paling tepat, ungkap Joswiak.

Dengan layar Liquid Retina yang seluruhnya baru, peningkatan kinerja yang luar biasa, kamera canggih baru di bagian depan dan belakang, Center Stage, USB-C, 5G, dan dukungan untuk Apple Pencil, iPad mini baru adalah lompatan besar ke depan yang dapat dipegang di telapak tangan Anda.

Di sisi jeroan, iPad Mini menampilkan chip A15 Bionic baru. Dengan System on Chip (SoC) baru ini, iPad Mini baru ini diklaim menghadirkan kinerja hingga 80 persen lebih cepat dari pada generasi sebelumnya, menjadikannya iPad Mini paling mumpuni yang pernah ada.

Selain itu, port USB-C baru memungkinkan konektivitas yang lebih cepat namun relevan dengan tren saat ini. Hal tersebut membuat penggunaan iPad Mini baru lebih luwes dengan perangkat lainnya yang juga mendukung konektivitas dan pengisian daya USB Type-C.

Seperti sudah disinggung di atas, di sisi layar, iPad Mini adalah tablet Apple yang paling kecil. Kalau sebelumnya iPad Mini hanya memiliki layar seluas 7,9 inci, pada model baru layarnya bertambah luas hingga mencapai 8,3 inci.

Menariknya lagi, meski secara ukuran layarnya bertambah luas, dimensi perangkat ini tetap sama dengan iPad Mini sebelumnya. Buat pengguna, hal ini tentu menarik jika mereka tak menginginkan perangkat bertambah besar dan berat namun layarnya tetap lega.

Hal ini bisa dilakukan karena layarnya punya bezel atau area frame yang tipis, sama seperti iPad Pro dan iPad Air. Tombol powernya kini menyatu dengan sensor Touch ID, ada di bagian kanan atas.

Di sisi fotografi, tersedia satu kamera utama di bagian belakang dan satu kamera selfie di bagian depan. Kedua kamera tersebut juga telah ditingkankan kemampuannya dengan kamera ultrawide 12 MP untuk kamera belakang dan kamera depan dengan fitur Center Stage.

Selain iPad Mini baru, Apple juga merilis iPad generasi ke-9 dari iPad pertama yang dirilis pada 2010 silam. Pembaruan utamanya ada pada prosesor A13 Bionic, juga kamera depan 12 MP yang mendukung Center Stage.

Kecuali prosesor dan kamera depan, bisa dibilang tak ada perubahan dibanding iPad generasi sebelumnya. Layar, bezel, kamera belakang, dan port Lightning. Prosesor baru ini menurut Apple 20 persen lebih kencang dibanding model sebelumnya.

IPad yang akan dikapalkan dengan iPadOS 15 ini ditingkatkan kapasitas penyimpanan minimalnya dari sebelumnya 32 GB menjadi 64 GB dengan harga varian termurah yang sama. iPad Mini baru atau iPad Mini 6 dijual dengan harga mulai USD 499 (setara Rp 7,1 jutaan) dan iPad 9 harganya mulai dari USD 329 (setara Rp 4,6 jutaan).

Artikel Asli