Meresapi Nilai-nilai Pancasila sebagai Imun Melawan Covid-19

rmol.id | Nasional | Published at 15/09/2021 08:45
Meresapi Nilai-nilai Pancasila sebagai Imun Melawan Covid-19

RMOL.Nilai-nilai dalam Pancasila sangat penting diresapi masyarakat sebagai imun di tengah pandemi Covid-19.

Di dalam setiap sila, ada kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersatu untuk gotong-royong, berpikir secara kritis dan terbuka. Nilai-nilai ini seharusnya mampu menjelma sebagai imun dan menjadikan masyarakat bertahan di masa pandemi.

Demikian disampaikan anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut yang menekankan pentingnya generasi muda mempunyai semangat Pancasila.

Semangat Pancasila harus dimiliki pemuda. Dengan Pancasila, maka pemuda akan melakukan penyesuaian diri yang tinggi dan luwes saat dihadapkan tekanan eksternal maupun internal," kata Hillary dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/9).

Melalui Pancasila pula, pemuda Indonesia bisa membuat perencanaan, beradaptasi dengan perubahan, hingga mampu mengatasi risiko.

"Sampai mampu melindungi titik lemah sehingga tidak menjadi penghambat dalam mencapai keberhasilan, lanjut anggota Komisi I DPR RI ini.

Di masa pandemi seperti saat ini, rasa empati dan tanggung jawab kemanusiaan sedang diuji. Masyarakat dipaksa untuk sadar bahwa hidup berdampingan dengan masyarakat lain memiliki kewajiban untuk saling menjaga.

Dikatakan Ketua GP Nasdem Aceh, Muhammad Irfan, empati juga melahirkan persatuan, gotong royong dan kolaborasi yang diharapkan dapat mempercepat terselesaikannya masalah.

"Ini semua makna kontekstual dari sila-sila dalam Pancsila, tegas Muhammad Irfan. []

Artikel Asli