Mengenal Adisucipto, Pencetus Sekolah Penerbangan di Indonesia

inewsid | Nasional | Published at 15/09/2021 08:40
Mengenal Adisucipto, Pencetus Sekolah Penerbangan di Indonesia

JAKARTA, iNews.id Peran TNI AU sangat penting untuk menjaga kedaulatan udara Indonesia. Sosok Agustinus Adisucipto punya peran penting dalam mendirikan sekolah penerbangan di Indonesia yang berperan penting dalam keamanan negara.

Adisucipto merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang memiliki julukan Bapak Penerbang Republik Indonesia. Mengutip dari situs TNI AU (tni-au.mi.id), Rabu (15/9/2021), Adisucipto mempelopori pembangunan sekolah penerbangan Indonesia sebagai bekal TNI AU ke depannya. Saat itu, Adisucipto bersama rekannya Sukarnen Matodisumo merupakan ajudan dari S. Sudayarma sebagai Kepala Bagian Penerbangan TNI AU.

Mereka sedang dihadapkan dengan situasi pelik, yaitu pemanfaatan sumber daya yang mereka punya. Di tengah mempertahankan kedaulatan negara, Adisucipto mengusulkan untuk mendirikan sekolah penerbangan di Maguwo, Yogyakarta pada 15 November 1945. Sekolah penerbangan ini merupakan cikal bakal Lembaga Pendidikan Angkatan Udara.

Sejatinya, sekolah penerbangan ini merupakan yang kedua di Indonesia. Pertama adalah Pangkalan Udara Bugis di Malang. Tetapi, Pangkalan Udara Bugis hanya untuk menyebarkan informasi terkait penerbangan semata, berbeda dengan sekolah penerbangan di Maguwo yang didedikasikan untuk memproduksi pilot-pilot asli Indonesia.

Untuk mendukung pembangunan sekolah itu, pimpinan Pangkalan Udara Bugis di Malang, yaitu Imam Soepono, telah memberikan bantuan pesawat udara kepada Sekolah Penerbangan di Yogyakarta, sejumlah 37 unit.

Dalam sekolah penerbangan itu, Adisucipto menangani tugas pendidikan dan latihan, sementara Suryadarma mengurus bidang administrasi dan operasi. Sejak saat itulah, Adisucipto dijuluki sebagai Bapak Penerbang Indonesia.

Artikel Asli