RSUD Mataram Sepakat Kerjasama Pengelolaan Parkir Diputus

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 01:50
RSUD Mataram Sepakat Kerjasama Pengelolaan Parkir Diputus

Mataram (Suara NTB) Pelaksana Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Lalu Martawang sepekat kontrak kerjasama pengelolaan parkir diputus. Sikap tegas itu dikarenakan pihak ketiga dinyatakan wanprestasi. Ngapaian perpanjang kontrak kalau tidak bisa memberikan kita kontribusi positif meringankan beban daerah, tegas Martawang dikonfirmasi, Selasa, 14 September 2021.

Manajemen rumah sakit sebelumnya sudah menerima surat perintah yang ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito untuk mengevaluasi kembali kerjasama pengelolaan parkir rumah. Dalam posisi itu, pihaknya kata Martawang, sudah meminta Kejaksaaan sebagai pengacara negara untuk melakukan ikhtiar penyelesaian persoalan parkir tersebut.

Rupanya perusahaan tidak kooperatif menyelesaikan tunggakan. Justru muncul kontrak baru perpanjangan pengelolaan yang ditanda tangani oleh mantan Direktur RSUD Kota Mataram, dr. H. Lalu Herman Mahaputra. Karena kontraknya berakhir bulan Maret lalu maka diperpanjanglah oleh direktur lama, terangnya.

Menurut Martawang, manakala secara hukum rekanan wanprestasi bisa saja dilakukan pemutusan hubungan kerjasama pengelolaan parkir. Tetapi perlu juga diperhatikan legal formal. Jangan sampai muncul gugatan balik dari perusahaan.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah H. M. Syakirin Hukmi sampai saat ini, belum mengetahui isi kontrak pengelolaan parkir rumah sakit. Justru, ia mempertanyakan pertimbangan manajemen rumah sakit memperpanjang kerjasama, sementara rekanan dinyatakan wanprestasi. Ini tanpa koordinasi, ucapnya.

Celah pemutusan kontrak pada izin parkir. Perusahaan diketahui sejak 2018 tidak mengantongi izin pengelolaan parkir. Dasar itu kata Syakirin, sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait, sehingga menjadi bahan laporan ke pimpinan. Keputusan apakah diputus kontrak atau tidak tergantung keputusan pimpinan. Kita pelajar dulu terkait dengan parkir itu sendiri, jawabnya.

Komunikasi dengan pihak pengelola sebelumnya sudah dilakukan oleh manajemen rumah sakit. Status Mataram level IV penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat menjadi kendala. (cem)

Artikel RSUD Mataram Sepakat Kerjasama Pengelolaan Parkir Diputus pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli