Pemkot Sasar 2.200 Ibu Hamil Divaksinasi

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 01:52
Pemkot Sasar 2.200 Ibu Hamil Divaksinasi

Mataram (Suara NTB) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Mataram mencanangkan vaksinasi bagi ibu hamil. Ditargetkan vaksinasi menyasar 2.200 jiwa. Program itu diharapkan ibu hamil terhindar dari paparan virus corona.

Pencanangan vaksinasi ibu hamil dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram, Hj. Kinnastri Mohan Roliskana didampingi Kepala DPPKB, Hariadi.

Kinnastri dalam sambutannya menyampaikan, pemberian vaksinasi bagi ibu ibu hamil diharapkan atas dasar kesadaran sendiri dan meyakini dalam hati bahwa vaksinasi Covid-19 bermanfaat di masa kehamilan, agar ibu hamil serta anak dalam kandungan aman dari terinfeksi Covid-19. Kuncinya adalah keyakinan pada diri kita. Sugesti bahwa vaksin bermanfaat melindungi diri kita, katanya.

Menurutnya, vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar pencegahan penularan virus corona. Tetapi protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara ketat. Karena itu, ibu sedang hamil harus yakin dan tidak berpikir efek samping dari vaksin tersebut. Terkadang sambungnya, efek samping itu muncul akibat pikiran, sehingga tersugesti sesuatu yang ada dalam pikiran. Kikin sapaan akrabnya mengaku, sudah menerima dua kali vaksin. Efek samping dirasakan hanya lapar dan mengantuk. Ajudan Pak Wali karena mengelola pikirannya jadi sugesti jadi meriang, ujarnya.

Ibu hamil yang akan menjalani vaksinasi diminta tidak menutupi informasi diri sendiri saat menjalani screening. Riwayat dan keluhan selama kehamilan harus disampaikan ke tenaga kesehatan. Informasi itu jadi acuan apakah ibu hamil layak menerima vaksin atau tidak. Selain itu, ia juga berpesan nakes agar memberikan edukasi yang baik agar warga tidak takut menerima vaksin.

Sementara itu, Hariadi menambahkan, vaksinasi ibu hami dicanangkan secara serentak oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalillah di Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Pihaknya menargetkan vaksinasi ibu hamir menyasar 2.200 jiwa. Saat ini, ibu hamil yang telah menerima vaksin dosis pertama sekitar 100 orang. (cem)

Artikel Pemkot Sasar 2.200 Ibu Hamil Divaksinasi pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli