Distribusi JPS, Ditemukan 7.000 Data Ganda

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 01:54
Distribusi JPS, Ditemukan 7.000 Data Ganda

Mataram (Suara NTB) Pemkot Mataram telah merampungkan pendisitribusian bantuan jaring pengaman sosial (JPS) ke masyarakat. Meskipun tidak ada komplain, tetapi ditemukan 7 ribu lebih penerima ganda. Perbaikan sistem data menjadi pekerjaan rumah belum tuntas.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura menyampaikan, pendistribusian bantuan jaring pengaman sosial yang berjumlah 32.163 paket telah rampung. Paket sembako tidak ada yang kedaluwarsa dan rekanan melaksanakan sesuai pesanan, sehingga tidak ada komplain yang diterima dari masyarakat. Alhamdulilah, semuanya sudah disalurkan dan tidak ada komplain dari masyarakat, kata Mahmuddin ditemui Selasa, 14 September 2021.

Penyerahan bantuan stimulus ekonomi masih menyisakan persoalan. Mahmuddin mengakui, masih ditemukan data penerima ganda jumlah mencapai 7 ribu jiwa lebih. Pasalnya, data digunakan sebagai acuan adalah basis data terpadu tahun sebelumnya. Kelurahan menyiasiati dengan mengalihkan bantuan tersebut dengan membuat berita acara. Jadi warga yang belum dapat bantuan sama sekali itu yang diberikan, tandasnya.

Perbaikan sistem data masih menjadi pekerjaan rumah. Mahmuddin menambahkan, Dinas Sosial akan memperbaiki data dengan melibatkan camat dan lurah untuk proses verifikasi. Pelibatan struktur pemerintah paling bawah dinilai penting agar bantuan tepat sasaran.

Pengadaan bantuan sembako mencapai 32.165 paket menghabiskan anggaran sekira Rp5 miliar. Isi paket sembako berupa beras, kue kering, abon dan aluman krupuk kulit. Dikatakan Mahmuddin, anggaran Rp5 miliar tidak seluruh untuk pengadaan bantuan sembako. Tetapi termasuk operasional tim asistensi dan monitoring dan evaluasi oleh auditor negara. Jadi ndak semuanya uang Rp5 miliar untuk pengadaan JPS. Ada juga administrasi dan operasional tim asistensi. Kalau kertas kresek itu termasuk. Sekarang ini tinggal proses pembayaran ke rekanan, demikian kata dia. (cem)

Artikel Distribusi JPS, Ditemukan 7.000 Data Ganda pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli