Pembebasan Lahan di Jalan Catur Warga Disetujui Warga

suarantb | Nasional | Published at 15/09/2021 01:54
Pembebasan Lahan di Jalan Catur Warga Disetujui Warga

Mataram (Suara NTB) Pemilik rumah dan properti lainnya di sepanjang Jalan Catur Warga Jalan Pendidikan disebut telah menyetujui rencana pembebasan lahan untuk proyek pelebaran jalan yang sedang dikerjakan. Kendati demikian, anggaran pembebasan lahan sendiri diharapkan siap dalam APBD murni 2022 mendatang.

Prinsipnya sebagian besar memahami program kita untuk pelebaran jalan ini. Kita memang belum membicarakan anggaran, tapi sosialisasi untuk perubahan desain pelebaran jalannya dari yang awalnya (membutuhkan pembebasan lahan) 15 are sekarang jadi 12 are, ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Miftahurrahman, Selasa, 14 September 2021.

Mengikuti sosialisasi awal tersebut, pihaknya juga telah melepas penanda lahan yang sebelumnya telah dipasang. Untuk estimasi awal, pembebasan lahan diperkirakan mencapai 1-3 meter untuk masing-masing rumah warga dan properti lainnya di sepanjang ruas jalan tersebut.

Ini tergantung kondisi di lapangan nantinya. Ada juga beberapa (pemilik) yang masih mempertanyakan kelanjutan program, tapi sudah kita jawab saat sosialisasi, jelasnya. Saat ini petugas PUPR Kota Mataram sendiri tengah melakukan pendataan dan pengumpulan berkas berupa sertifikat dan KTP warga untuk pengurusan peta bidang. Baru setelah ini kita urus di appraisal, dan kemudian baru membicarakan pembayarannya, sambung Mifta.

Untuk pelebaran di Jalan Pendidikan juga disebutnya mengalami perubahan, dari 59 are menyusut menjadi 3 are yang harus dibebaskan. Sosialisasi sendiri diikuti sebanyak 24 orang pemilik lahan di wilayah Kelurahan Mataram Timur dan 42 orang di Kelurahan Mataram Barat untuk Jalan Catur Warga, dan 15 orang pemilik lahan untuk Jalan Pendidikan.

Untuk yang properti milik pemerintah juga sudah hadir perwakilannya saat sosialisasi, tapi tidak ada yang kena pembebasan. Termasuk untuk ruko dan hotel di sepanjang jalan itu tidak kena (pembebasan). Kecuali beberapa temboknya saja, tandas Mifta. (bay)

Artikel Pembebasan Lahan di Jalan Catur Warga Disetujui Warga pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli