Festival Unta Saudi Pecahkan Rekor Dunia

republika | Nasional | Published at 15/09/2021 07:55
Festival Unta Saudi Pecahkan Rekor Dunia

IHRAM.CO.ID, MEKKAH -- Festival Unta Putra Mahkota ke-3kembalidiadakan Saudi Camel Federation di Taif Camel Square pada Sabtu (11/9). Perlombaan yang terdiri dari 4 ronde untuk kategori Heil dan Zumul dengan partisipasi 93 unta, masing-masing ronde menempuh jarak 6 km.

Unta jantan muda Meblesh dari Hamad bin Jarallah Al-Buraidi dan Meshwesh dari Hejen Al-Asifa memenangkan putaran Zumul, sedangkan unta betina muda Al-Zabara dari Hejen Al-Siliya dan Jouf dari Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd memenangkan putaran Heil.

Di akhir empat putaran, Al-Faisal, di hadapan Pangeran Fahd bin Jalawi bin Abdulaziz bin Musaed, dinobatkan sebagai pemenang dari 20 putaran yang diadakan sebagai bagian dari tahap akhir festival, selain putaran yang digelar pada hari Sabtu.

Pemenang tahap akhir adalah Lawahez dari Pangeran Abdulaziz bin Saudi bin Naif, Nayaf dari Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd, Yaqin dari Sulaiman Salamah Al-Jehni, Daoud dari Saudi Bronx, yang dimiliki oleh Qassem Abu Nasser dari Amerika, Al-Tamas dari Hejen Al-Taylat, Jabal Dukhan dari Sheikh Nasser bin Hamad bin Issa Al-Khalifah, Kafa dari Sulaiman Abdullah bin Salim, Lusail dari Hejen Al-Siliya, Buruq dari Hejen Al-Shahanyah, Nawaf dari Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd, Mukhifa dari Amer bin Rashid Al-Marri, Masfout dari Abdulaziz bin Hamad Al-Marri, Sinjar dari Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd, Al-Daayen dari Hejen Al-Shahanyah, Bashayer dari Ali bin Jamil Al-Wuhaibi dan Nasnas dari Ahmed bin Matar Al-Khaili.

Edisi festival tahun ini juga masuk Rekor Dunia Guinness baru, memecahkan rekor jumlah unta terbesar yang berpartisipasi dalam festival unta di dunia, dengan 14.843 unta. Ini memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat selama edisi pertama dan kedua festival. Total ada 7.870 ekor unta yang mengikuti babak penyisihan, sedangkan 6.973 ekor unta yang bertanding di babak final.

Festival ini telah mengalokasikan hadiah uang, termasuk yang terbesar dalam olahraga balap apa pun, dengan nilai totalnya mencapai SR53 juta (Rp 201 miliar). Perlombaan ini diikuti ratusan pemilik unta lokal dan internasional, dan mengalokasikan SR1 juta (Rp. 3.8 miliar) untuk Penghargaan Pedang Putra Mahkota, yang diberikan kepada pemilik unta yang mencetak poin terbanyak selama festival berlangsung.

Artikel Asli