Pintu Air Siaga 2 Anies Diancam Banjir

rm.id | Nasional | Published at 15/09/2021 07:55
Pintu Air Siaga 2 Anies Diancam Banjir

Usai hujan mengguyur Ibu Kota sejak dini hari kemarin, beberapa pintu air berstatus siaga. Yang paling mengkhawatirkan, Pintu Air Pasar Ikan. Statusnya siaga 2. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang selama ini mulai tenang karena Covid di Jakarta terus turun, terancam dagdigdug lagi karena ancaman banjir.

Pagi-pagi sekali, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mulai mewanti-wanti warga yang tinggal di bantaran sungai untuk berhati-hati. Karena sekitar pukul 6 pagi, terjadi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Pos Sunter Hulu hingga 180 cm.

Status siaga 3, diimbau kepada warga di bantaran sungai untuk waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir, ucap petugas, lewat pelantang suara.

Pukul 9 pagi, giliran pintu air Pasar Ikan yang mengalami kenaikan TMA. Ketinggiannya mencapai 190 cm. Siaga 3. Sementara Sunter Hulu turun tipis ke angka 175 cm.

Baru pada pukul 3 sore, status pintu air Pasar Ikan naik menjadi siaga 2. Karena TMA nya terus naik ke angka 203 cm.

Ada beberapa wilayah yang terancam jika pintu air Pasar Ikan jebol. Yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Clincing dan Kalibaru.

Hingga pukul 9 malam tadi, status di pos pantau Pasar Ikan masih siaga 2. Bahkan TMA nya baik lagi menjadi 205 cm. Sementara pos pantau Sunter Hulu yang sempat dikhawatirkan, mulai normal, yakni siaga 4.

Pos pantau lain, seperti Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, dan Pulo Gadung juga berstatus siaga 4 atau normal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya sudah jauh-jauh hari mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir pada musim hujan tahun ini.

Kita belajar dari tahun-tahun sebelumnya, kata Riza di Balai Kota, kemarin.

Banyak rapat dan koordinasi yang dilakukan dengan dinas terkait. Baik dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan lainnya.

Kita pastikan semua yang kami miliki, SDM, alat dan semua akan kita fungsikan semaksimal mungkin, sambungnya.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Fakhri Andhiko bilang, Katulampa dan area Sungai Ciliwung yang dipantau dari Manggarai masih aman karena hujan terjadi masih di sekitar Jakarta.

Kondisi siaga 4 baru perlu diwaspadai, jika curah hujan berlangsung lama. Tidak hanya DKI Jakarta saja, tapi juga terjadi di Bogor.

Kalau Katulampa sudah meninggalkan level batasnya 70-90 cm, itu sudah mulai disiagakan, kata Fakhri, seperti dilansir Antara kemarin.

Meskipun banjir belum terjadi, warganet mulai heboh. Akun @ayenzodearya salah satunya. Ia mulai menebak-nebak, siapa yang akan jadi sasaran omelan warganet, jika Jakarta kembali banjir.

Paling kalo banjir buzzer ngomelnya ke Anies bukan ke Wakilnya, wakilnya mah aman-aman aja, cuitnya. Siaga juga buat gobernor Jakarta, siap menerima banjir omongan, nasibmu nis, tulis @IbnuShina18 .

Salah satu yang menyentil, akun @ubud_id mengulang kembali pernyataan Anies soal penanganan banjir di Jakarya. Anies tidak berbuat apa-apa untuk mencegah banjir. Saat banjir tiba melanda Jakarta, dia hanya bisa menjelaskan penyebab banjir selayaknya pemerhati lingkungan. Anies cocoknya diberdayakan untuk jaga pintu air saja, sentilnya.

Sementara akun @jetsilvers mulai nanya-nanya, bagaikana progres rumah panggung di aliran sungai. Pak Anies, aq mau tanya progres rumah panggung di aliran sungai langganan banjir sejauh mana. Jangan sampai pas banjir ribut lagi. Kasih solusi yang menyeluruh, saran dia. Di satu sisi kata-kata nya Anies kalau air dibuang ke laut melanggar sunatullah. Tapi di sisi lain kata-kata Anies juga pintu air dibuka supaya air mengalir ke laut...hihihi, cibir @BeBuzzerNKRI .

Akun @RamaneShesa malah teringat kejadian Anies terperosok ke got saat tengah menyapa warga Koja Jakarta Utara, belum lama ini. Anies kuwalat ma got, karena setiap terjadi banjir selalu got yang disalahkan. Yang airnya pada ngantrilah, airnya masuk ketanah, kalau dialirkan lewat got menyalahi sunatulloh, serangnya.

Kode alam agar gabener Anies urus got karena sebentar lagi musim hujan antisipasi banjir, dukung @GUSTI_KUR1971 .

Akun @Kongkomar1 tampak geram melihat hinaan demi hinaan yang mengarah ke Anies. Nafsunya menghina Anies Baswedan Hanya ingin jadi KOMISARIS Pintu air Manggarai, kicaunya. [SAR]

Artikel Asli