Mengenal Brigadir Budiman, Anggota Polda Jatim yang Peduli pada ODGJ

jawapos | Nasional | Published at 15/09/2021 07:48
Mengenal Brigadir Budiman, Anggota Polda Jatim yang Peduli pada ODGJ

Di sela kesibukannya sebagai anggota Polri, Brigadir Budiman meluangkan waktu untuk membantu ODGJ. Belakangan dia merekam kegiatannya. Beberapa ODGJ akhirnya ditemukan keluarga dari konten YouTube Dhulur Budiman.

LUGAS WICAKSONO, Surabaya

BRIGADIR Budiman sejak lama memiliki rasa empati terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Jatim II Ditlantas Polda Jatim itu memulainya dari hal terkecil. Yakni, dengan memberikan makanan kepada ODGJ yang ditemuinya di jalan.

Setiap bawa makanan dinas, saya kasih ke ODGJ, ujar Budiman.

Pria 30 tahun itu punya alasan sendiri. Menurut dia, ODGJ kerap luput dari kepedulian orang lain. Padahal, mereka juga manusia yang berhak mendapat kasih sayang dari sesama. Orang yang tidak pernah diperhatikan orang lain. Orang mendekat saja pasti takut. Apalagi kasih makan, katanya.

Budiman juga sebenarnya tidak mudah untuk mendekati ODGJ. Banyak yang berontak hingga lari ketika akan dipotong rambut maupun dimandikan. Dia punya pendekatan. Kuncinya ikhlas, sabar, dan rasa kasih sayang dalam merawat ODGJ. Mereka yang awalnya berontak akhirnya menurut apabila sudah saling mengenal.

Di sela menjalankan profesinya, pria asal Tuban yang sudah lama menetap di Surabaya itu kerap berkeliling untuk mencari ODGJ yang akan dirawatnya.

Saat tidak sedang berdinas, dia berkeliling dari kota ke kota di Jawa Timur bersama istrinya.

Sejak delapan bulan lalu, Budiman mulai mendokumentasikan kegiatannya. Istrinya yang merekam. Sesekali dia juga dibantu temannya sesama anggota polisi. Video itu kemudian diunggah di akun YouTube miliknya. Kini sudah 114 video yang diunggah di akun Dhulur Budiman yang memiliki 64,5 ribu subscriber. Setiap video yang diunggahnya rata-rata sudah ditonton ribuan orang.

Saya berharap dengan tayangan di YouTube, ada keluarga yang menemukannya. Tujuan lainnya untuk memotivasi bahwa ODGJ butuh kasih sayang dan perhatian dari sesama manusia, ucapnya.

Kini sudah ada 10 ODGJ yang bertemu keluarga dari konten YouTube Budiman. Mereka dirawat kembali oleh keluarganya setelah lama menghilang. Yang paling jauh ketemu keluarganya yang di Cilincing, Jakarta Utara. Orangnya (ODGJ) di Gresik. Sudah 37 tahun hilang. Keluarga rata-rata memang mencari. Ada yang menganggap sudah meninggal, katanya.

Selain ODGJ, Budiman juga kerap membantu para pejuang rupiah. Yakni, orang-orang yang masih semangat bekerja untuk mencari nafkah meski usianya sudah renta. Untuk operasional kegiatannya, Budiman mengandalkan pendapatan dari berjualan kaus dan adsense YouTube.

Polda Jatim mendukung kegiatan sosial Budiman. Yang penting, tidak mengganggu tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Polri. Pada HUT Polri 1 Juli lalu, Budiman mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta sebagai anggota Polri yang berdedikasi.

Artikel Asli