9 Kisah menarik Hawkeye, pemanah bergaya kasual anggota Avengers

brilio.net | Nasional | Published at 15/09/2021 07:22
9 Kisah menarik Hawkeye, pemanah bergaya kasual anggota Avengers

Brilio.net - Hawkeye alias Clint Barto pertama kali muncul dalam film Thor (2011) sebagai cameo. Karakter ini kemudian muncul kembali sebagai salah tokoh penting yang masuk sebagai bagian dari superhero Avengers .

Hawkeye tampil dengan panah di punggungnya yang seolah tak pernah habis dalam film The Avengers (2012), Avengers: Age of Ultron (2015), Captain America: Perang Saudara (2016) dan Avengers: Endgame (2019).

Sejak berlatih selama bertahun-tahun, kemampuan memanah Hawkeye tak bisa diragukan. Berkat seni bela diri yang juga ia kuasai, panah menjadi senjata mematikan yang membuatnya menjadi salah satu anggota Avengers yang diperhitungkan.

Selain itu, ia dikenal dengan gaya pakaian yang tidak terlalu rumit. Kostum tersebut dinilai hampir serupa dengan milik Neo (Keanu Reeves) dalam film The Matrix. Pakaian tersebut membuatnya lebih lincah saat meloncat dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, kostum tersebut tampil lebih kasual dibandingkan dengan pakaian rumit superhero lain, seperti pakaian Captain America ataupun pakaian robot milik Iron Man.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/9), berikut sembilan kisah menarik tentang Hawkeye, si pemanah kasual anggota Avengers .

1. Berstatus yatim piatu saat kecil.

foto: imdb.com

Clint Barton dan saudaranya berstatus yatim piatu sejak kecil dan membuat mereka harus menempati panti asuhan yang berisi anak-anak sekitarnya di Iowa. Namun, saudaranya kemudian lebih memilih pergi meninggalkan panti asuhan tersebut. Setelah cukup lama di panti asuhan tersebut, Clint pun akhirnya pergi.

2. Sempat bergabung dengan kelompok sirkus.

foto: imdb.com

Setelah pergi dari panti asuhan, Clint pun tergabung menjadi anggota Carson Carnival of Traveling Wonders, sebuah kelompok sirkus keliling. Kelompok sirkus ini selalu ramai dengan jadwal acaranya dan membuat Clint lebih giat berlatih untuk kemampuan atraksinya.

Selain itu, tempat ini menjadi tempat Clint mengembangkan alter-egonya sebagai Hawkeye. Dari tempat inilah, keunggulan memanah ia dapat dan membuatnya menjadi penembak jitu terhebat di dunia.

3. Dilatih oleh Swordsman dan Trick Shot.

foto: imdb.com

Selain fokus dengan jadwal atraksi, Clint Barton juga mengembangkan kemampuan alter-egonya sebagai Hawkeye. Selama di tempat sirkus, Clint Barton dilatih oleh Swordsman yang merupakan ahli pedang di tempat tersebut.

Bersama Trick Shot, Swordsman melatih kemampuan Hawkeye bermain busur dan anak panah yang nantinya menjadi senjata andalan alter-egonya sebagai Hawkeye.

4. Dilatih juga oleh Captain America.

foto: imdb.com

Dalam sebuah episode, Hawkeye dilatih oleh Captain America untuk memperkuat kemampuan tarung tangan kosong, seni bela diri, dan hal-hal lain. Walaupun begitu, hubungan Hawkeye dan Captain America sering kali bersitegang sehingga membuat mereka saling hantam. Walaupun begitu, saat sama-sama bergabung dalam Avengers, keduanya bisa bekerja sama dengan baik.

5. Pertama kali dikenalkan sebagai penjahat.

foto: imdb.com

Saat pertama kali tampil, Clint Barton alias Hawkeye dikenal sebagai seorang penjahat dalam komik 'Tales of Suspense' edisi September 1964 sebagai musuh Iron Man. Namun, setelah mengalami pengembangan karakter, Hawkeye pun berhasil menyelesaikan misinya dan masuk menjadi bagian Avengers.

6. Iron Man menjadi inspirasinya.

foto: imdb.com

Walaupun Hawkeye dan Iron Man sering berseteru, tetapi nyatanya Hawkeye tetap mengidolakan Iron Man. Bagi Hawkeye, Iron Man adalah inspirasinya. Ia pun mengikuti standar Tony Stark. Namun, hal ini tidak mudah dilakukan oleh Hawkeye apalagi setelah ia mencuri chip antarmuka pengguna Stark International dari Tony Stark.

7. Sering terpedaya dengan rayuan Black Widow.

foto: imdb.com

Black Widow merupakan kekasih Hawkeye dan sering membuatnya terpedaya. Bahkan, saat Black Widow hampir terbunuh dalam pertempuran melawan Iron Man, Hawkeye muncul menyelamatkan Black Widow untuk melarikan diri. Namun, setelah peristiwa itu, Black Widow mencampakkan Hawkeye seorang diri.

8. Berat busur panah Hawkeye sebesar 250 pon.

foto: imdb.com

Kemampuan utama Hawkeye adalah kemampuan memanahnya. Ia mampu menarik busur seberat 250 pon atau sekitar 113,398 kg. Ukuran tersebut merupakan ukuran tiga kali lipat lebih besar yang dikerahkan oleh pria terkuat di dunia.

Penampilannya dengan gaya kasual dan anak panah di punggungnya, tampak bagi Thor dan Hulk ia bukan sebagai ancaman. Namun, Hawkeye mampu membuat serangan efektif dengan 32 anak panah di punggungnya.

9. Ketua Avengers Pantai Barat.

foto: imdb.com

Hawkeye merupakan salah satu tanda tentang ideologi tentang Amerika Serikat yang selalu bicara soal ekspansi. Salah satu ideologi ekspansi dalam karakter Hawkeye adalah menjadikannya sebagai ketua Avengers yang menguasai Pantai Barat. Pantai yang berlokasi di Los Angeles ini pernah digunakan oleh Hawkeye sebagai tempat berkemah bersama superhero lain seperti Mockingbird, Wonder Man, Tigra, dan Iron Man.

Artikel Asli