Ibaratkan Prokes Sebagai Payung Ganip: Tak Bisa Hentikan Hujan, Tapi Lindungi Diri

rm.id | Nasional | Published at 15/09/2021 07:10
Ibaratkan Prokes Sebagai Payung Ganip: Tak Bisa Hentikan Hujan, Tapi Lindungi Diri

Pemerintah akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Meski begitu, vaksinasi harus sejalan dengan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat, kemarin.

Kami akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, ujarnya.

Selain vaksinasi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu meminta masyarakat menaati protokol kesehatan 3M. Yakni, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Diingatkannya, menghadapi pandemi Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan vaksinasi.

Strategi defensif menghadapi Covid-19 saat ini dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan vaksinasi. Keduanya harus berjalan berdampingan, tegas Ganip.

Dia menganalogikan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi seperti payung saat terjadi hujan. Payung tidak bisa menghentikan hujan. Namun, bisa melindungi diri dari paparan hujan. Itu harus terus kita edukasikan dan kampanyekan, tegas Ganip.

Ganip juga menganalogikan vaksinasi seperti helm. Bisa tetap kecelakaan, tapi mencegah kefatalan jika jatuh.

Menurut dia, saat ini kasus Covid-19 mulai menurun sehingga relaksasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan. Namun, dia mengingatkan masyarakat tidak euforia dan abai terhadap protokol kesehatan. Menurunnya level PPKM bukan berarti Covid sudah hilang.

Itu menunjukkan menurunnya laju penularan dan meningkatnya respons penanganan dari pemerintah. Yang terpenting, masyarakat tetap waspada dan berhati-hati dan selalu menerapkan protokol kesehatan, jelas mantan Kasum TNI ini.

Ganip menegaskan, Satgas saat ini fokus membuat seluruh rakyat Indonesia bermasker, melalui gerakan NKRI Bermasker. Itu juga menjadi instruksi Presiden Jokowi.

Kita ini masuk enam negara dengan penanganan pandemi Covid-19 terbaik di dunia. Ini berkat strategi hebat Pak Jokowi, ungkapnya.

Dengan tekad dan keyakinan, Ganip ingin membawa Indonesia keluar dari pandemi. Minimal memperkecil menjadi endemi. [DIR]

Artikel Asli