Persiapan Hadapi Pemilu 2024 Kepala Garuda Bidik 6 Kursi DPRD Denpasar

rm.id | Nasional | Published at 15/09/2021 06:55
Persiapan Hadapi Pemilu 2024 Kepala Garuda Bidik 6 Kursi DPRD Denpasar

Partai Gerindra Kota Denpasar terus mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2024. Partai Kepala Garuda ini membidik enam kursi DPRD setempat pada Pemilu 2024. Jumlah ini naik dua kursi dibanding Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra menyampaikan, pada Pileg 2019, partainya harus puas memperoleh empat kursi DPRD Denpasar. Jumlah ini berkurang satu kursi bila dibandingkan saat Pileg 2014.

Yoga berjanji, mengembalikan kejayaan partainya, bahkan diusahakan bisa melampaui raihan kursi saat Pileg 2014. Target kita di 2024 bisa menambah kursi DPRD Denpasar jadi enam kursi. Sekarang kita baru empat kursi, ujarnya, kemarin.

Untuk merealisasikan target ini, putra dari tokoh dan Ketua DPD Gerindra Bali, mendiang Ida Bagus Sukarta ini mengakuakan memaksimalkan Daerah Pemilihan Denpasar Barat (Denbar) dan Denpasar Selatan (Densel). Kedua daerah ini diharapkan bisa menyumbang masing-masing dua kursi.

Semua dapil sebetulnya potensial, tetapi kalau menghitung jumlah pemilih di Dapil Denbar dan Densel, kami optimis bisamenghasilkan dua kursi di DPRD Denpasar, jelasnya.

Saat ini, aku Yoga, partainya sudah merampungkan kepengurusan partai di empat kecamatan. Yakni pengurus Kecamatan Denpasar Barat (Denbar), Kepengurusan Kecamatan Denpasar Utara (Denut), Kepengurusan Kecamatan Denpasar Timur (Dentim), Kepengurusan Kecamatan Denpasar Selatan (Densel). Usaha ini diharap bisa menambah daya gedor partai di 2024.

Kita konsolidasi internal secara maraton, untuk kepengurusan kecamatan sudah terpenuhi personilnya, ujarnya.

Yoga menyebutkan, agenda selanjutnya adalah jajaran DPC Gerindra Denpasar yang akan segera melakukan aksi nyata bersama masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Hal ini sesuai instruksi DPP Gerindra dan DPD Gerindra Bali, dalam masa Covid-19 ini.

Mulailah membantu keluarga, sahabat, dan lebih luas adalah masyarakat. Kader Gerindra harus senantiasa memberikan pengabdian terbaik untuk rakyat, tegasnya.

Selain menambah target kursi DPRD Denpasar, Yoga menyebut, Gerindra Denpasar akan bekerja habis-habisan mengembalikan perolehan kursi di tingkat DPRD Bali, di Dapil Denpasar.

Pada Pileg 2014, Gerindra meloloskan almarhum Jro Komang Suwastika ke DPRD Bali. Pada Pileg 2019, Gerindra tidak meloloskan satupun ke DPRD Bali, jelasnya.

Secara terpisah, Komisioner KPU Pusat I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, rencana KPU menyelenggarakan tahapan Pemilu (Pilpres dan Pileg) 2024 lebih awal, masih sebatas usulan. Rencana itu, jelasnya, belum jadi keputusan final dan masih akan dikonsultasikan lagi dengan DPR dan Pemerintah.

KPU, lanjut Dewa, mengusulkan agar tahapan Pemilu 2024 dimulai pada Januari 2022, sehingga pemungutan suara Pemilu nasional (Pileg dan Pilpres) dilakukan pada 21 Februari 2024.

Dengan demikian, kurang lebih waktu tahapan Pemilu hingga pemungutan suara adalah 25 bulan. Sementara jadwal Pilkada serentak 2024 dilaksanakan pada 27 November 2024. Hal ini berarti ada jeda lima bulan antara Pemilu dengan Pilkada 2024. Usulan inilah dituangkan dalam draf Peraturan KPU (PKPU) terkait tahapan Pemilu 2024.

Kita akan melakukan FGD untuk bahas draf PKUP ini, konsultasi dengan DPR, uji publik dan harmonisasi dengan Kemenkumham. Jika PKPU-nya sudah diundangkan, itu baru final, jelasnya. [SSL]

Artikel Asli