IPB Jalin Kerja Sama dengan Universitas Al Azhar Medan

republika | Nasional | Published at 15/09/2021 05:43
IPB Jalin Kerja Sama dengan Universitas Al Azhar Medan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University menjalin kerja sama dengan Universitas Al Azhar Medan. Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama/Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan secara daring oleh Rektor IPB University Prof Arif Satria dan Rektor Universitas Al Azhar Medan, Ir Dermawan Hutagaol MP, Kamis (9/9). Kerja sama dilakukan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Prof Arif Satria, rektor IPB University menyambut baik kerja sama ini. Dalam sambutannya ia mengatakan, kerja sama ini merupakan ajang bagi kedua perguruan tinggi untuk saling belajar. Karena kita harus berkolaborasi dan saling belajar untuk bisa menjadi bagian dari masa depan, terangnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Berkaitan bidang pengabdian kepada masyarakat, Prof Arif menyebut pentingnya saat ini membangun learning center di berbagai wilayah, terutama pedesaan. Hal itu dimaksudkan agar dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat desa lewat inovasi teknologi perguruan tinggi.

Learning center di berbagai kawasan pertanian dan pedesaan bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat agar mereka bisa menikmati teknologi terkini, sehingga produktivitasnya meningkat dan memiliki daya saing sehingga masyarakat bisa sejahtera, ucap Prof Arif.

Sementara itu, kerja sama ini juga membuka peluang aktivitas penelitian pertanian di Sumatera. Pasalnya ia menyebut, Gross Domestic Product (GDP) di hampir setiap provinsi di Sumatera didominasi sektor pertanian. Artinya pusat pertumbuhan di Sumatera masih didominasi oleh agro, meskipun sebagian besarnya perkebunan. Karenanya ini momentum kita untuk mewujudkan pertanian sebagai sektor yang tangguh, ujarnya optimistis.

Prof Arif juga berharap agar kerja sama IPB University dan Universitas Al Azhar Medan memberikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan nasional, serta melahirkan inovasi-inovasi unggul sebagai solusi bagi permasalahan bangsa.

Pembina Yayasan Universitas Al Azhar Medan, H Machyuzar Nasution yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kesempatan kolaborasi. Ia berharap kerja sama dengan IPB University terus berjalan baik di masa mendatang.

Penandatanganan MoU ini adalah bentuk komitmen IPB University untuk memberikan pembinaan kepada Universitas Al Azhar Medan, mengingat kerja sama ini sangat penting dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM). Kami sangat berharap dukungan penuh dari IPB University, pungkasnya.

Artikel Asli