Loading...
Loading…
Sedih, Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop di DIY Buka

Sedih, Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop di DIY Buka

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 14 September 2021 - 16:09

YOGYAKARTA - Meski level PPKM di DIY sudah turun menjadi level 3 namun Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) belum mengizinkan bioskop mulai buka operasi. Padahal banyak warga yang sudah rindu berat untuk nonton bioskop.

"Ya nanti lah (pembukaan bioskop). Itu tempat berkumpul nanti kita batasi saja," kata Sultan HB X di Kepatihan Pemda DIY, Selasa (14/9).

Sultan menekankan dampak dari dibukanya klaster yakni timbulnya klaster penyebaran Covid-19.

"Jangan membuka ruang-ruang seperti itu, yang penting bagi saya siapa yang bertanggung jawab. Asal buka yang tanggung jawab siapa," katanya.

Hal senada disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Sampai saat ini, Pemkot Yogya belum berencana akan membuka bioskop. "Belum buka saat ini," kata Heroe.

Sebelumnya, Koordinator PPKM Level Jawa-Bali Luhut Pandjaitan menyampaikan sejumlah pelonggaran dalam perpanjangan PPKM Level hingga 20 September 2021, salah satunya bioskop boleh buka di wilayah dengan PPKM level 2 dan 3.

"Pertama pembukaan bioskop dengan kapasitas 50 persen pada level 2 dan 3 dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan ketat," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9).

Baca Juga :
Alasan Sri Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop di Yogyakarta Beroperasi

Luhut mengatakan, keputusan ini diambil karena kasus corona yang terus menurun. Jadi, beberapa aturan bisa disesuaikan dengan disiplin prokes. "Hanya orang berkategori hijau boleh masuk ke bioskop dengan prokes ketat," jelasnya.

Original Source

Topik Menarik