Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Blitar Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

jatimtimes.com | Nasional | Published at 14/09/2021 15:07
Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Blitar Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

JATIMTIMES - Antisipasi kebakaran dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blitar dengan menggelar pelatihan penanggulangan kebakaran, Selasa (14/9/2021). Hal ini dilakukan usai terjadinya kebakaran besar yang mengakibatkan jatuhnya puluhan korban jiwa di Lapas Tangerang.

Pelatihan penanggulangan kebakaran diikuti para petugas Lapas Kelas IIB Blitar. Mereka diberikan paparan materi oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Blitar. Para petugas Lapas nampak bersemangat. Selain materi berupa teori, mereka juga praktik langsung cara pemadaman api menggunakan apar dan kain basah.

Plt Kepala Lapas Kelas IIB Blitar Tatang Suherman mengatakan, petugas Lapas memiliki tanggung jawab memelihara dan merawat aset dari gangguandi dalam area Lapas. Gangguan tersebut termasuk hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan warga binaan.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh petugas lapas. Mereka diajari soal cara mengatasi jika ada kobaran api," kata Tatang, Selasa (14/9/2021).

Tatang menambahkan, pelatihan ini bukan semata-mata karena kasus kebakaran di Lapas Tangerang melainkan sudah masuk dalam perencanaan di Lapas Kelas IIB Blitar.

Pelatihan ini sudah dalam perencanaan kami. Kami minta agar pelatihan ini dipercepat. Kami koordinasikan untuk segera melaksanakan pelatihan," imbuhnya.

Sebagai informasi, saat ini jumlah Napi di LP Kelas IIB Blitar sebanyak 574 orang. Sedang kapasitas LP Kelas IIB Blitar hanya 132 orang. Terjadi over kapasitas di LP Kelas IIB Blitar. Adapun untuk petugas di Lapas Blitar saat ini berjumlah 68 orang.

Artikel Asli