Wapres Dukung Kolaborasi Pentahelix dalam Vaksinasi

republika | Nasional | Published at 14/09/2021 12:48
Wapres Dukung Kolaborasi Pentahelix dalam Vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Presiden Maruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Selasa (14/9). Wapres mendorong percepatan vaksinasi terus dilakukan untuk mengejar kekebalan komunitas atau herd immunity masyarakat.

Karena itu, wapres mendukung kolaborasi berbagai pihak dalam mempercepat vaksinasi di Tanah Air. "Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kolaborasi pentahelix yang telah dibangun, terutama dukungan dari para donatur dan sponsor sehingga kegiatan sentra vaksinasi ini dapat terlaksana, kata wapres dalam siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, Selasa (14/9).

Sebagaimana data yang dilansir oleh Kementerian Kesehatan pada 13 September 2021, cakupan vaksinasi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta sangat tinggi. Dari sasaran 8.395.427 orang, tercatat sebanyak 10.3 juta orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 7.1 juta orang telah mendapatkan dosis kedua.

Namun, untuk lebih meningkatkan capaian tersebut, pemerintah bersama dengan seluruh jajaran terkait terus melakukan percepatan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di setiap jenjang usia yang diperbolehkan menerima vaksinasi.Wapres pun menekankan program vaksinasi berperan penting dalam terwujudnya keberhasilan penanganan pandemi Covid-19. Sebab, vaksinasi dapat menciptakan kekebalan komunitas/herd immunity yang membantu menekan laju penyebaran virus.

Di sisi lain, pelaksanaan vaksinasi juga harus ditunjang oleh kemampuan pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan upaya 3T ( testing , tracing , dan treatment ) serta ketangguhan masyarakat untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan 3M.Untuk itu, wapres mengimbau agar pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat harus tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terciptanya klater baru penyebaran Covid-19 dari klaster sentra vaksinasi.

Saya harap pelaksanaan sentra vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi ILUNI UI di The Media Hotel and Tower ini tetap memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan, untuk menghindari terjadi klaster penularan baru, kata wapres.

Dalam peninjauan ini, wapres didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, dan Ketua Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) Lies Dina Liastuti, melihat langsung pemberian vaksinasi kepada masyarakat umum serta pemberian dosis ke-3 vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan yang mendapatkan undangan melalui P-Care.

Untuk mendukung program percepatan vaksinasi, ILUNI UI bekerjasama dengan 10 ARVI yang terdiri dari RSCM, RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, RS PON, RS Soeharto Heerdjan, RSKO Jakarta, RS Persahabatan, RSJ Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, dan RSK Dharmais, didukung Bakti Kominfo menyelenggarakan sentra vaksinasi dengan target 2.000 orang peserta per hari. Program ini dilaksanakan pada 22 Juli sampai dengan 17 September di The Media Hotel and Towers, Jakarta mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat juga membuka layanan vaksin untuk anak-anak berusia minimal 12 tahun, peserta lanjut usia, ibu hamil dan menyusui. Adapun, beberapa jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna.

Artikel Asli