4 Klub Baru Diterima, Terbanyak dalam Sejarah Liga Tertinggi Nasional

jawapos | Nasional | Published at 14/09/2021 12:37
4 Klub Baru Diterima, Terbanyak dalam Sejarah Liga Tertinggi Nasional

JawaPos.com- Indonesian Basketball League (IBL) 2022 bakal makin marak. Sebab, hingga kini ada lima klub sebagai kandidat peserta baru musim depan.

Mereka adalah Rans Basketball, Louvre SB30 Malang, Evos Basketball, Bumi Borneo, dan Tangerang Hawks. Mereka telah mengikuti proses pendaftaran sejak Juni lalu.

Dirut IBL Junas Miradiarsyah mengonfirmasi ada empat klub baru yang akan diterima. Mereka akan mengumumkannya pada Rabu (15/9). Dengan begitu, IBL 2022 akan mencatat sejarah baru.

Semoga ini menjadi (peserta, Red) terbanyak dalam sejarah. Nanti ada 16 klub, termasuk satu dari timnas muda Indonesia. Nanti kami akan adakan pemberitahuan resminya, kata dia kepada Jawa Pos .

Junas memiliki visi untuk secara bertahap membuat liga lebih kompetitif dengan peserta yang lebih banyak. Klub-klub tersebut punya potensi besar untuk berkembang secara profesional, lanjutnya.

Pada IBL 2021 lalu ada 12 klub yang berkompetisi. Termasuk Indonesia Patriots. Program Perbasi untuk timnas muda itu rencananya diperpanjang hingga 2023.

Itu merupakan salah satu persiapan mereka menghadapi FIBA World Cup 2023. Patriots hanya akan mengikuti babak reguler.

Sebelumnya IBL menjadi kompetisi pertama di Indonesia yang digelar dalam masa pandemi. Mereka sukses menyelenggarakan kompetisi tanpa kasus positif.

Dengan hasil itu, Junas lebih optimistis dan akan memperketat prosedur pada musim depan. Rencananya, IBL 2022 dimulai Januari mendatang.

Adanya penambahan jumlah peserta berarti ada penambahan jumlah pertandingan. Periode pertandingan juga meningkat. Ini juga ada penyesuaian dengan biaya. Jadi, ini juga harus diperhatikan, tuturnya.

Artikel Asli