Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi

republika | Nasional | Published at 14/09/2021 12:00
Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Mencari kegiatan baru selama di rumah saja karena pandemi menjadi hal yang lumrah. Sebab, kegiatan baru bisa membunuh kebosanan. Namun, hendaknya kita perlu berhati-hati dalam mengatur keuangan kita untuk memenuhi kebutuhan hobi.

Menurut pakar finansial dari Shila Financial, Ila Abdurrahman, aman atau tidaknya seseorang memiliki hobi baru di masa pandemi sangat bergantung dengan kondisi keuangan masing-masing. Bagi yang selama pandemi tidak terpengaruh oleh kondisi pandemi, ya aman-aman saja. Tapi bagi yang keuangannya terpengaruh negatif, itu adalah kondisi yang tidak aman untuk memiliki hobi baru, tutur Ila kepada Republika.co.id.

Ila menekankan, cara mengatur keuangan saat memiliki hobi adalah pastikan terlebih dahulu kebutuhan pokok dan kewajiban harus terpenuhi terlebih dahulu. Usahakan investasi yang telah berjalan selama ini dan juga penyimpanan dana darurat tidak terganggu dengan hobi baru.

Dia juga menyarankan, hobi baru yang digeluti sebaiknya merupakan hobi yang produktif dan dapat meningkatkan imunitas diri. Produktif itu, kata dia, tak hanya berhubungan dengan uang. Kita bisa memilih hobi yang bisa menaikkan imunitas dan menaikkan semangat bekerja.

Apalagi hobi baru yang mulai digeluti adalah hobi yang benar-benar produktif yang menghasilkan pundi-pundi baru, jelas dia.

Artinya, bisa dikatakan anggaran untuk hobi bisa diambil di luar porsi pengeluaran kebutuhan pokok dan kewajiban. Ila pun menyebut, kebutuhan hobi bisa dibajet dari pos biaya hidup. Hal itu berarti, ada pos pengeluaran hiburan pribadi yang masuk dalam pos biaya hidup selain pos sosial, cicilan utang, dan investasi.

Ila mengatakan, ada tiga jalan yang bisa ditempuh untuk mengelola keuangan dalam rangka memiliki hobi baru. Yang pertama, kita bisa mengalokasikan dana dari pemasukan rutin per bulan. Kedua, kita bisa mengambil sisa pemasukan setelah semua pengeluaran terpenuhi. Dan yang ketiga, adalah menggabungkan cara pertama dan kedua.

Artikel Asli