Berita Gembira Berkat PPKM, Kasus Aktif Covid-19 Nasional Turun Lebih dari 93 Persen

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 14/09/2021 11:25
Berita Gembira Berkat PPKM, Kasus Aktif Covid-19 Nasional Turun Lebih dari 93 Persen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (menko marves) , Luhut Binsar Panjaitan menegaskan kasus Covid-19 secara nasional terus mengalami penurunan setiap waktu, salah satunya karena kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat berlevel.

"Hal ini dapat terlihat dari penurunan tren kasus konfirmasi secara Nasional hingga 93,9 persen, Khusus Jawa Bali turun 96 persen dari 15 Juli. " kata Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (13/9/2021).

Luhut Binsar Panjaitan sekaligus Koordinator Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali menjelaskan, pada pekan ini Bali masuk ke level 3. Sehingga, status PPKM Level 4 hanya tersisa tiga kabupaten/kota yaitu Sukoharjo, Tegal dan Kabupaten Semarang.

"Pemerintah akhirnya berhasil menurunkan Provinsi Bali menjadi Level 3, sehingga dari 11 kota/kabupaten level 4 minggu lalu, hari ini jumlahnya berkurang menjadi 3 kabupaten/kota saja," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9/2021).

Naiknya tiga wilayah tersebut ke level empat karena mengalami kenaikan kasus aktif.

"Perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang," ucap Luhut.

Kasus Covid-19 di Jawa-Bali mengalami penurunan dari titik puncaknya pada 15 Juli lalu. "Yang tidak kalah penting, jumlah kasus aktif juga sudah turun dibawah 100 ribu pada hari ini," ujar Luhut.

Luhut juga meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan keadaan yang semakin membaik ini, tetap patuhi protokol kesehatan.

"Penurunan PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euforia dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protokol kesehatan dan penggunaan pedulilindungi, hal ini cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid-19," katanya.

Sebelumnya, PPKM yang seharusnya berakhir Senin (13/9/2021), untuk periode 6 - 13 September 2021, kembali diperpanjang hingga Senin 20 September 2021.

Artikel Asli