Persentase Buta Aksara Meningkat, Jadi Tantangan Besar Dunia Pendidikan di NTB

suarantb | Nasional | Published at 14/09/2021 03:37
Persentase Buta Aksara Meningkat, Jadi Tantangan Besar Dunia Pendidikan di NTB

Mataram (Suara NTB) Peningkatan persentase buta aksara di NTB menjadi tantangan besar dunia pendidikan di NTB. Tantangan pengentasan buta aksara pun semakin meningkat mengingat pandemi Covid-19.

Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) NTB, Drs. Suka, M.Pd., mengatakan, buta aksara merupakan salah satu pekerjaan rumah yang cukup besar di dunia pendidikan, terlebih lagi di NTB. Data BPS RI menunjukkan peningkatan presentase buta aksara di NTB di mana angkanya mencapai 7.46% pada tahun 2019 menjadi 7.52% pada tahun 2020.

Hal ini tentu saja menjadi tantangan besar bagi kita semua yang bergerak di bidang pendidikan, ujarnya, Senin, 13 September 2021.

Ia juga menekankan, tantangan pengentasan buta aksara semakin meningkat mengingat pandemi Covid-19 telah membawa revolusi besar di dunia pendidikan. Proses belajar mengajar telah berubah dan menuntut warga belajar untuk menguasai teknologi.

Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-56 tahun 2021 pada 8 September lalu mengambil tema Literacy for a human-centred recovery: Narrowing the digital divide . Pada peringatan HAI tahun ini, Kemendikbudristek mengangkat tema Digital Literacy for Indonesia Recovery . Tema-tema tersebut mengandung harapan harapan besar untuk menuntaskan buta aksara di tengah pandemi yang telah melumpuhkan dunia dan gencarnya perkembangan digital.

Sebelumnya, Suka mengatakan, memang dibutuhkan program berkelanjutan terkait masalah buta huruf. Apabila sasaran penduduk usia 15 sampai 59 tahun yang menyandang buta aksara itu dientaskan dengan program keaksaraan dasar, tapi tidak diikutkan dengan program lainnya, maka berpotensi buta kembali. Maka diperlukan program ikutannya, jelasnya. (ron)

Artikel Persentase Buta Aksara Meningkat, Jadi Tantangan Besar Dunia Pendidikan di NTB pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli