Syarat Perjalanan Udara Dilonggarkan Arus Penumpang Pesawat Naik Meningkat

suarantb | Nasional | Published at 14/09/2021 03:09
Syarat Perjalanan Udara Dilonggarkan Arus Penumpang Pesawat Naik Meningkat

Praya (Suara NTB) Arus penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) pascapelonggaran syarat perjalanan udara dari dan menuju Pulau Lombok, kembali menggeliat. Jika dibandingkan selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan Juli, jumlah penumpang pesawat udara selama bulan September ini meningkat tajam. Dengan peningkatan hampir mencapai dua kali lipat.

Ada peningkatan jumlah penumpang setelah pelonggaran syarat perjalanan udara diberlakukan sekitar 95 persen. Antara selama bulan Juli dengan bulan September ini, ungkap Stakeholder Relationship Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Arif Harianto, saat dikonfirmasi Suara NTB , Senin, 13 September 2021..

Padahal bulan September baru berjalan dua pekan. Namun jumlah penumpang pesawat udara di BIZAM sudah mencapai rata-rata 2.098 orang per hari. Berbanding jauh dengan rata-rata penumpang pesawat udara selama bulan Juli yang hanya berkisar pada angka 1.073 orang penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut berdampak pula pada terjadinya peningkatan pada jumlah pergerakan pesawat yang naik sekitar 14 persen. Di mana selama bulan Juli pergerakan pesawat rata-rata per hari hanya 18 pergerakan. Sementara bulan September ini naik hingga 20 pesawat per hari.

Diakuinya, jika melihat persentase peningkatan pergerakan pesawat, dengan peningkatan jumlah penumpang cukup jauh mencolok. Hal itu menandakan, kalau tingkat keterisian pesawat mulai membaik. Karena jumlah penumpang naik tajam, sementara jumlah pergerakan pesawat peningkatan tidak begitu signifikan.

Peningkatan jumlah penumpang cukup terasa setelah Gubernur NTB mengeluarkan syarat perjalanan udara ke NTB yang baru, terangnya.

Di mana pelaku perjalanan udara dari luar NTB tidak harus melakukan tes RT-PCR untuk bisa datang ke NTB, khususnya Pulau Lombok melalui BIZAM. Cukup hanya dengan swab test antigen saja bagi yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua.

Sementara yang baru vaksin dosis pertama, tetap harus melakukan tes RT-PCR. Tapi sedikit tidak, kebijakan tersebut cukup melegakan sekaligus pertanda kalau kondisi penyebaran Covid-19 di NTB sudah mulai melandai. Untuk layanan swab test antigen masih tersedia di bandara, imbuh Arif seraya menambahkan, kecuali layanan vaksinasi Covid-19 sudah dihentikan sejak beberapa pekan yang lalu. Karena jatah vaksin Covid-19 untuk pelaku perjalanan udara di BIZAM sudah habis. (kir)

Artikel Syarat Perjalanan Udara Dilonggarkan Arus Penumpang Pesawat Naik Meningkat pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli