6,26 Juta Warga KTP DKI Sudah Divaksinasi Dosis Pertama

republika | Nasional | Published at 14/09/2021 08:57
6,26 Juta Warga KTP DKI Sudah Divaksinasi Dosis Pertama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat 6,26 juta warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta sudah menjalani vaksinasi dosis pertama atau 62 persen dari total capaian vaksinasi di Ibu Kota sekitar 10,09 juta orang hingga Senin (13/9).

"Proporsi 62 persen merupakan warga KTP DKI dan 38 persen warga KTP non-DKI," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia, Senin.

Dwi menyebutkan 38 persen atau sekitar 3,83 juta orang merupakan warga dengan KTP non-DKI Jakarta telah menerima vaksin dosis pertama. Dengan capaian itu, sekitar 2,68 juta warga dengan KTP DKI Jakarta belum menerima vaksin Covid-19 mengingat target vaksinasi DKI Jakarta adalah 8,94 juta.

Sementara itu, vaksinasi dosis kedua sudah tercapai 6,91 juta dengan proporsi sebanyak 64 persen warga KTP DKI dan 36 persen lainnya warga KTP non-DKI. Pemprov DKI Jakarta mengajak warga melakukan vaksinasi dengan mendatangi langsung tempat vaksinasi.

Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar daring melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi. Dengan mendaftar daring, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pemeriksaan kesehatan pendahuluan dalam tes daring.

Untuk warga KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT. Surat tersebut tidak harus dari ketua RT. Bagi pekerja di DKI Jakarta yang memiliki KTP dari luar DKI, membawa keterangan dari tempat kerja.

Artikel Asli