Mata Bengkak Jadi Pertanda Sakit Ginjal Kronis

republika | Nasional | Published at 14/09/2021 05:45
Mata Bengkak Jadi Pertanda Sakit Ginjal Kronis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun menjadi penyebab utama kematian di AS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, banyak orang yang memiliki penyakit ginjal kronis tidak menyadari kondisinya. Sebagian besar karena gejala kondisi ini tidak selalu terlihat.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui semua tanda, termasuk yang mungkin ada di depan mata. Berikut mata bengkak yang menjadi tanda dari sakit ginjal kronis.

1. Jika melihat mata bengkak, periksakan ginjal Anda
Seorang dokter yang bekerja dengan USA Hemp, Clara Lawson mengatakan mata bengkak bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal. Menurut Lawson, ginjal bertanggung jawab untuk menyaring bahan limbah dari tubuh kita, dan ketika ginjal rusak, kemampuan mereka untuk melakukan tugas ini terganggu.

Ketika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, Lawson mengatakan kemampuannya untuk mempertahankan proses filtrasi berkurang, sehingga protein mulai bocor melalui urin alih-alih menyimpannya di dalam tubuh. "Hilangnya protein dari tubuh mengakibatkan penyimpanan cairan dan mineral seperti kalsium dan fosfat di sekitar mata, yang kemudian menyebabkan bengkak di sekitar mata, kata Lawson dilansir Best Life , Senin (13/9).


2. Mata bengkak akibat masalah ginjal memiliki karakteristik tertentu
Mata bengkak juga bisa menjadi tanda masalah lain yang kurang mengkhawatirkan, seperti stres, kurang tidur, atau alergi. Itulah mengapa penting untuk mengetahui ciri-ciri mata bengkak yang disebabkan oleh penyakit ginjal.

Menurut Lawson, mata akan terlihat bengkak, kering, dan iritasi jika menunjukkan masalah pada ginjal. Dokter mata bersertifikat dengan Manhattan Eye di New York City, Yuna Rapoport mengatakan jika mata sangat bengkak pada pagi hari, seringkali itu merupakan tanda ada sesuatu yang salah dengan ginjal.


3. Anda juga cenderung melihat gejala lain, jika memiliki penyakit ginjal
Meskipun sering menjadi salah satu tanda awal penyakit ginjal, menurut Rapoport, mata bengkak tidak mungkin menjadi satu-satunya gejala yang Anda alami. Dia mengatakan Anda mungkin melihat pembengkakan di tempat lain, seperti tangan dan kaki.

Gejala non-pembengkakan lainnya termasuk kelelahan, nafsu makan berkurang, mual pada pagi hari, perubahan warna urin atau urin berbusa, kulit kering atau gatal, otot kram, dan nyeri di punggung dan perut bagian bawah. Baik Lawson dan Rapoport mengatakan Anda harus berbicara dengan dokter tentang penyakit ginjal, jika melihat gejala-gejala itu.

Artikel Asli