Wali Kota Sutiaji Sebut Warga Kota Malang Antusias Divaksin

jatimtimes.com | Nasional | Published at 13/09/2021 14:48
Wali Kota Sutiaji Sebut Warga Kota Malang Antusias Divaksin

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang optimis, akhir bulan September 2021 ini mampu mencapai target 70 persen herd immunity vaksinasi Covid-19. Hal itu dipastikan dari antusiasme warga yang cukup tinggi untuk menjalani vaksin.

Meski, di daerah lain cukup ramai untuk mewajibkan syarat vaksinasi bagi berbagai kegiatan. Salah satunya, untuk pengambilan bantuan sosial (bansos) penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang harus menunjukkan sudah divaksin.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tak akan melakukan hal itu. Mengingat, warga yang cukup antusias untuk divaksin. Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di Balai Kota Malang, Senin (13/9/2021).

"Tidak ada (aturan terkait harus wajib vaksin untuk pengambilan bansos PKH). Daerah-daerah lain seperti itu memang banyak menolak vaksin. Itu tergantung daerah masing-masing. Kita (Kota Malang) tidak ada, di sini antusiasme masyarakat untuk vaksin tinggi," ujarnya.

Bahkan, menurut Sutiaji, dengan antusiasme yang tinggi ini, proses pelaksanaan vaksinasi di setiap Fasilitas Kesehatan (Faskes) dilakukan penataan. Hal ini untuk mempermudah proses antrian bagi masyarakat yang mau divaksin.

Selain itu, setiap weekend, dengan kerja sama berbagai elemen, diselenggarakan pula Serbuan Vaksin untuk lebih menyasar ke seluruh masyarakat Kota Malang.

"Di sini malah ramai, orang-orang malah antre, tinggal kita menata Faskesnya itu. Seperti di Serbuan Vaksin untuk 28.000 sudah tercapai 15.000 untuk tahap 2. Terus menerus kita lakukan, jadi yang secara reguler Senin sampai Jumat dilaksanakan di masing-masing Faskes, serbuan vaksin Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Lebih jauh, Sutiaji menyebut, saat ini capaian vaksinasi di Kota Malang juga tinggi. Hingga hampir pertengahan Bulan September 2021 ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Malang sudah mencapai 65,95 persen.

"Insya Allah (70 persen herd immunity Kota Malang tercapai akhir bulan ini). Saat ini 65,95 persen dosis pertama, tinggal nanti menuntaskan 45 ribu dosis bagi siswa sekolah. Kalau akumulatif tuntas nanti bisa mencapai target," pungkasnya.

Artikel Asli