Kepala BBPK Sambut Pelatihan TOT Manasik Kesehatan Haji

republika | Nasional | Published at 13/09/2021 14:33
Kepala BBPK Sambut Pelatihan TOT Manasik Kesehatan Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto Sjamsul Arifin, menyambut baik upaya Pusat Kesehatan Haji menggelar pelatihan Training of Trainer (TOT) Manasik Kesehatan Haji. TOT angkatan I dilaksanakan tatap muka dan berlangsung tanggal 12- 18 September 2021.

"Saya menyambut baik pelaksanaan TOT Manasik Kesehatan Haji ini, karena dengan adanya pelatihan TOT ini akan menghasilkan trainer nasional yang akan melatih trainer di provinsi dan kabupaten/kota," kata Sjamsul Arifin saat seperti dikutip situs Pusatkesehatan Haji, Senin, (13/9).

Ia berharap, dengan adanya pelatihan TOT ini dapat menghasilkan trainer handal yang dapat memberikan edukasi kesehatan bagi Jemaah haji. Sehingga kedepannya program manasik kesehatan haji ini dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian pada jamaah haji Indonesia.

Sjamsul Arifin mengatakan, pelatihan TOT Manasik Kesehatan Haji Angkatan I ini merupakan pelatihan yang pertama kali dilaksanakan secara klasikal alias tatap muka. Di masa pandemi COVID-19 ini baru pertama kali kegiatan tatap muka dilaksanakan di BBPK Ciloto.

Sementara itu Ketua Panita Wawan Wahyudi, menyatakan, peserta pelatihan TOT angkatan pertama ini diikuti oleh peserta pengelola program dari Pusat Kesehatan Haji sebanyak 22 orang, widyaiswara dari BBPK Ciloto sebanyak empat orang, widyaiswara dari BBPK Makassar satu orang.

"Serta dari widyaiswara dari Bapelkes Cikarang sebanyak tiga orang," katanya.

Agenda pelatihan TOT Manasik Kesehatan Haji Angkatan I ini digelar di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, dan sebelum melaksanakan pelatihan ini peserta diwajibkan membawa hasil swab antigen bebas Covid-19.

Artikel Asli