Ketika Adzan Berkumandang Pertama Kali

republika | Nasional | Published at 13/09/2021 14:14
Ketika Adzan Berkumandang Pertama Kali

IHRAM.CO.ID, Adzan dikumandangkan sedikitnya lima kali dalam sehari semalam, sesuai sholat lima waktu. Bagaimana asal mula atau sejarah ditetapkannya adzan sebagai seruan untuk menunaikan sholat dan kapan adzan mulai dikumandangkan?

Ustaz Ahmad Zarkasih, Lc dalam bukunya berjudul "Adzan, Hanya Sebagai Penanda Waktu Shalat?" menyebutkan, ada beberapa riwayat yang menyebutkan sejarah disyariatkannya adzan untuk panggilan sholat berjamaah. Satu riwayat menyebutkan syariat adzan pertama kali pada tahun kedua Hijriyah, dan ada juga yang mengatakan sejak di Makkah sebelum hijrah.

Namun, riwayat yang paling kuat ialah yang menyatakan adzan pertama kali dikumandangkan di Madinah pada tahun pertama Hijriyah. Di tahun pertama dari hijrah, Rasulullah Saw membangun masjid dengan mengerjakannya sendiri.

Di tahun itu pula disyari'atkan adzan. Hal itu berawal dari saat Nabi Muhammad Saw bermusyawarah dengan para sahabat tentang apa yang dilakukan saat masuk waktu sholat dan bagaimana cara memberi tahu umat Islam akan tibanya waktu sholat. Dengan demikian, mereka segera ke masjid untuk melaksanakan sholat secara berjamaah.

Mengutip dari buku "Sejarah Ibadah" karya Syahruddin El-Fikri, ada beberapa usulan dari sahabat terkait hal itu. Di antaranya, ada yang mengusulkan agar mengibarkan bendera sebagai tanda waktu sholat telah tiba. Apabila benderanya berkibar, hendaklah orang yang melihatnya memberitahu kepada khalayak umum. Para sahabat tidak menyetujuinya karena hal itu tidak dapat dilihat oleh orang yang tidur dan yang lalai.

Artikel Asli