MediaTek Hadirkan Lagi SoC Kompanio Buat Notebook dan Tablet

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 13:41
MediaTek Hadirkan Lagi SoC Kompanio Buat Notebook dan Tablet

JawaPos.com MediaTek kembali mengumumkan seri baru System on Chip (SoC) Kompanio 900T. Peluncuran chip baru ini sekaligus memperluas portofolio MediaTek sebagai solusi komputasi seluler untuk tablet, notebook portabel, dan perangkat lainnya.

Pengenalan Kompanio 900T mengikuti peluncuran Kompanio 1300T MediaTek baru-baru ini, yang dirancang untuk tablet premium. Platform Kompanio MediaTek sendiri diklay menggabungkan kemampuan komputasi yang kuat dan konsumsi daya yang sangat rendah dengan teknologi canggih MediaTek untuk multimedia, AI (Artificial Intelligence), game, dan konektivitas nirkabel.

Dengan platform MediaTek Kompanio, pengguna dapat mengandalkan pengalaman komputasi seluler yang luar biasa, kata Zeng Baoqing, General Manajer of MediaTeks Intelligent Multimedia Division lewat keterangan tertulisnya.

Dia melanjutkan, Kompanio 900 menghadirkan daya komputasi tangguh, fitur multimedia audio dan video yang luar biasa, kemampuan gaming yang lancar, serta fitur 5G dan nirkabel terbaru, sehingga pengguna dapat memaksimalkan perangkat mereka.

Untuk aspek teknis, Kompanio 900T dibuat dengan proses fabrikasi 6 nm yang canggih dan mengintegrasikan arsitektur CPU octa-core dengan two Arm Cortex-A78 ultra-performance cores dan six Arm Cortex-A55 power-efficient cores. Di sisi grafis, SoC ini menghadirkan Arm Mali-G68 GPU dan MediaTek APU (AI prosesor) untuk daya komputasi seluler yang disebut lebih unggul.

Chipset ini mendukung memori LPDDR5 flagship dan penyimpanan UFS 3.1, dan juga dapat disesuaikan dengan layar refresh rate 120Hz resolusi 2K, memberikan kinerja cepat untuk aplikasi bisnis dan game.

Kompanio 900T di sisi network juga mengintegrasikan modem 5G dan mendukung jaringan mode ganda standalone (SA) dan non-standalone (NSA) dengan cakupan penuh 5G sub-6GHz, bersama dengan agregasi dual-carrier 5G dan layanan Voice over New Radio (VoNR).

Dikombinasikan dengan teknologi hemat daya MediaTek 5G UltraSave, pengguna dapat memanfaatkan jaringan 5G berkecepatan tinggi sekaligus menikmati masa pakai baterai yang lebih lama.

SoC untuk perangkat tablet dan notebook baru MediaTek ini masih di sisi jaringan juga mendukung 22 Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) Wifi 6 dan Bluetooth 5.2 untuk konektivitas yang lebih cepat dibanding dengan kompetitornya.

Untuk multimedia, chip ini telah dilengkapi dengan teknologi kualitas gambar MiraVision dari MediaTek dan fitur tampilan video yang disempurnakan dengan AI, Kompanio 900T juga dapat meningkatkan konten video SDR hingga mendekati kualitas HDR dan meningkatkan HDR10 hingga mendekati HDR10+, juga mendukung fitur peningkatan kualitas gambar pemutaran video HDR10+ secara real-time.

Platform MediaTek Kompanio telah diadopsi secara luas oleh produsen perangkat di seluruh dunia untuk menciptakan perangkat komputasi seluler paling populer di dunia, termasuk laptop dan tablet Chromebook. Perangkat-perangkat yang didukung oleh MediaTek Kompanio 900T akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Artikel Asli