Wabup Tuban Patroli Hutan dengan Kendarai Motor Trail

jatimtimes.com | Nasional | Published at 13/09/2021 12:59
Wabup Tuban Patroli Hutan dengan Kendarai Motor Trail

JATIMTIMES - Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi ikuti patroli hutan dengan pimpinan dan jajaran Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo dan KPH Kebonharjo.

Tak canggung Wabup Riyadi mengendarai motor trail, menelusuri kawasan hutan sejauh 22 KM yang didampingi Administratur (Adm) KPH Jaritogo dan KPH Kebonharjo serta Ketua Karang taruna Jatim Agus Maimun, diikuti puluhan kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) dan kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) di dua KPH tersebut.

Beragam rute dan jalur berhasil dilibas oleh rombongan trail ini. Mulai jalan landai, perbukitan sampai menyusuri sungai.

Adm Perhutani Jatirogo, Fajar Arif Wicaksono mengatakan, patroli hutan ini sebagai wujud sinergitas Perhutani dengan Pemkab Tuban dan sebagai sarana komunikasi edukasi memberi informasi tentang Perhutani kepada pimpinan daerah. Di antaranya kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar hutan beserta persoalannya sampai kegiatan sosial dan pemberdayaan lainnya.

"Kami berikan beberapa informasi kepada Wakil Bupati Tuban, tentang seputaran kegiatan yang kami lakukan dan informasi tentang Perhutani," kata Fajar, Senin (13/09/2021).

Patroli bersama itu, dimulai apel dari Kantor KPH Jatirogo dan berakhir di kawasan Kantor KPH Kebonharjo. Terpantau semua jajaran pegawai perhutani bersemangat. Pasalnya mendapat kesempatan langka, berpatroli dengan Wakil Bupati Tuban.

"Ini menambah semangat bagi kami untuk menjalankan fungsi kita dan sinergitas bersama daerah. Karena pimpinan daerah sangat terbuka dan dekat dengan kita, sambung Fajar Arif.

Patroli selain memantau kondisi hutan dan keamanan juga dilakukan bhakti sosial yakni pemberian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi menanggapi positif atas ide kedua KPH Jatirogo dan KPH Kebonharjo untuk patroli bersama. Sehingga dirinya menyempatkan waktu hampir seharian ikut blusukan di hutan bersama para pegawai perhutani.

"ini sangat bagus untuk membangun kebersamaan dan kekompakan. Semoga bisa meningkatkan kinerja. Karena pimpinan dan staf kompak dan dekat dengan masyarakat, kata Kang Riyadi sapaan akrab pejabat nomor 2 di Kabupaten Tuban.

Kang Riyadi menambahkan selama ini Pemerintah Kabupaten Tuban sudah sangat terbantu perhutani. Khususnya bidang pertanian, dengan tersedianya lahan pertanian atau pesanggem untuk tanaman jagung. Hasil jagung tuban luar biasa dan mayoritas hasil lahan hutan/pesanggem, ini sangat membantu perekonomian masyarakat. Terkait kendala yang ada akan terus kita upayakan ada solusinya, tandasnya, (*).

Artikel Asli