Sejumlah Jenderal Sambut Mahfud MD di Papua

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 13/09/2021 12:57
Sejumlah Jenderal Sambut Mahfud MD di Papua

JAKARTA - Sejumlah jenderal TNI sambut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di Papua. Ada gerangan sampai Menkohankam datang ke Papua dan disambut sejumlah jenderal TNI?

Mengutip keterangan Penerangan Kodam Cendrawasih yang diterima Koran Jakarta , Senin (13/9), kedatangan Mahfud MD ini dalam rangka kunjungan kerja, meninjau persiapan penyelenggaraan PON XX 2021 yang akan digelar di Papua.

Menurut Penerangan Kodam Cendrawasih, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menyambut langsung kedatangan Menkopolhukam Mahfud MD yang datang bersama Mendagri. Mahfud disambut di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura.

Turut hadir menyambut Mahfud MD, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi dan Danlatamal X Jayapura Brigjen TNI Mar Feryanto Pardamean Marpaung.

"Setibanya di Lanud Silas Papare pada hari Jumat, Menkopolhukam RI beserta rombongan meninjau kesiapan Venue PON XX cabang olahraga Softball, Baseball dan Lapangan Tembak di Lanud Silas Papare Sentani," kata Penerangan Kodam Cendrawasih.

Selanjutnya Menkopolhukam dan rombongan dengan didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono meninjau Stadion Utama Lukas Enembe dan Arena Aquatic. Di sela-sela kegiatan, Mahfud MD mengatakan bahwa penyelenggaraan PON XX 2021 di Papua bertujuan untuk memajukan masyarakat Papua. Sehingga masyarakat Papua dapat bersaing dengan wilayah lainnya di Indonesia.

"Penyelenggaraan PON XX harus dapat dilaksanakan dalam keadaan aman dan terutama bebas dari Covid-19. Demikian juga dengan masyarakat Papua diharapkan dapat turut mensukseskan PON XX tahun 2021," kata Mahfud MD.

Para hari Sabtunya, didampingi Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Menkopolhukam juga meninjau kesiapan venue PON XX dan akomodasi atlet di Provinsi Papua.

Saat dikonfirmasi, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria menjelaskan bahwa kunjungan kerja Menkopolhukam dan rombongan untuk mengecek secara langsung kesiapan venue PON XX yang berada di wilayah Jayapura dan Merauke.

"Di awal kunjungan, Menkopolhukam beserta rombongan meninjau venue cabang olahraga (cabor) Selam Laut dan Renang Perairan Terbuka di depan Kantor Gubernur, Wisma Atlet dan Stadion Mandala serta venue cabor Tinju di GOR Cenderawasih," kata Kolonel Reza.

Selanjutnya rombongan melanjutkan peninjauan cabor Pencak Silat di GOR Toware, cabor Hockey Indoor, Outdoor dan Kriket di GOR Doyo Baru Kampung Bambar dan Stadion Barnabas Youwe Kabupaten Jayapura. "Selain meninjau Venue PON XX, Menkopolhukam juga meninjau barak yang disiapkan sebagai wisma atlet di Rindam XVII/Cenderawasih," jelas Kapendam.

Saat peninjauan wisma atlet di Rindam XVII/Cenderawasih, Menkopolhukam RI didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih berkesempatan untuk meninjau Tugu MacArthur. Lalu berkunjung ke Rindam XVII/Cenderawasih. Setelah itu Menkopolhukam beserta rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke Kab. Merauke untuk meninjau Venue PON XX yang berada di sana.

"Dalam pelaksanaan PON XX, Kodam XVII/Cenderawasih selain bertugas di bidang pengamanan, namun juga ikut membantu dalam dukungan lainnya seperti dukungan transportasi, kesehatan dalam hal ini vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang berada di sekitar venue dan juga akomodasi berupa barak, rumah dan wisma di satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang disiapkan sebagai tempat tinggal atlet," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, M. Han, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi dan Danlatamal X Jayapura Brigjen TNI Mar Feryanto Pardamean Marpaung.

Artikel Asli