Ahli Virus: Hindari 6 Kegiatan Ini Selama Pandemi

republika | Nasional | Published at 13/09/2021 12:41
Ahli Virus: Hindari 6 Kegiatan Ini Selama Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah sekitar 1,5 tahun pandemi Covid-19 melanda. Sebagian kegiatan yang sebelumnya dibatasi, kini sudah bisa kembali dilakukan dengan beberapa penyesuaian. Akan tetapi, ada beberapa kegiatan yang masih dijauhi oleh mayoritas ahli virus di masa pandemi.

Hal ini diungkapkan oleh STAT News melalui sebuah survei yang melibatkan hampir 30 orang ahli virus di Amerika Serikat. Para ahli virus ini memiliki kepakaran yang berbeda, mulai dari ahli epidemiologi, ahli imunologi, hingga ahli-ahli lain terkait penyakit menular.

Dalam survei ini, para ahli tersebut ditanya mengenai kegiatan apa yang mereka rasa berisiko rendah atau patut dijauhi di masa pandemi Covid-19, khususnya di tengah meningkatnya kasus varian Delta. Berdasarkan survei tersebut, berikut ini adalah enam kegiatan yang paling dihindari para ahli saat ini, seperti dilansir BestLife, Senin (13/9).

Urutan Ke-6: Perjalanan Internasional yang tak Penting
Sebanyak 59 persen ahli virus tak mau melakukan perjalanan internasional yang tak penting saat ini. Ahli epidemiologi Carlos Del Rio MD mengatakan dia sempat mengunjungi ibunya di Meksiko sebanyak dua kali sejak pandemi terjadi. Akan tetapi di tengah merebaknya varian Delta, Del Rio memilih untuk tidak melakukan perjalanan serupa saat ini.

Rio memilih untuk menunda dan menunggu waktu yang lebih aman untuk melakukan perjalanan non esensial ke luar negeri. Beberapa ahli lain juga menghindari perjalanan internasional non esensial karena beberapa alasan lain. Salah satunya adalah terkait kekhawatiran adanya risiko tertahan di luar negeri dan tak bisa pulang karena perubahan aturan restriksi.

Urutan Ke-5: Menghadiri Pernikahan dan Kegiatan Keagamaan di Dalam Ruangan
Sekitar 59 persen ahli virus juga memilih untuk tidak menghadiri upacara pernikahan dan kegiatan keagamaan di dalam ruangan, di mana orang-orang yang datang tak diketahui status vaksinasinya. Asisten profesor dari program biodefense George Mason University Uche Blackstock MD menilai kegiatan seperti ini sebaiknya dihindari meski menggunakan masker. Blackstock bahkan memilih untuk melewatkan banyak pertemuan di luar ruangan untuk saat ini.

Urutan Ke-4: Bersantap di Dalam Restoran
Ada 67 persen ahli virus yang menolak bersantap di dalam ruangan restoran. Para ahli menilai ada banyak masalah rumit dari kegiatan bersantap di dalam ruangan bersama banyak orang.

Ada enam orang ahli virus yang mengatakan mereka masih berkenan untuk makan di dalam ruangan restoran selama bukan di jam ramai pengunjung. Tiga orang lainnya mengatakan mau bersantap di dalam ruangan restoran tetapi mereka akan menggunakan masker ketika tidak makan atau minum.

Direktur Yale Institute for Global Health Saad B Omer PhD bersedia makan di dalam ruangan restoran bila restoran tersebut mewajibkan pengunjungnya menunjukkan bukti sudah divaksinasi. Ahli epidemiologi John Brownstein lebih memilih bersantap di luar ruangan.

Artikel Asli