Kapolda Apresiasi Program ADWI 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi Jabar

rm.id | Nasional | Published at 13/09/2021 11:57
Kapolda Apresiasi Program ADWI 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi Jabar

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Ahmad Dofiri mengapresiasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ajang tersebut bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

ADWI 2021 mengangkat tema Indonesia bangkit. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

Dofiri mengapresiasi inovasi program Kemenparekraf yang terus mengembangkan lokasi wisata menjadi sentra ekonomi. Sehingga membangkitkan pendapatan dan mengurangi pengangguran di Jawa Barat.

Melalui kategori-kategori yang ada di ADWI, diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan. "Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan nampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (23/9).

Dia menegaskan, di Jawa Barat masih banyak desa yang berpotenasi untuk menjadi lokasi wisata. Melalui ADWI ini, desa yang tadinya tidak terekspos bisa dikenal dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakatnya.

"Salah satu perbaikan ekonomi memang dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan Kemenparekraf, katanya.

Dia mengetahui ada lokasi bagus dan potensi-potensi ekonomi kreatif setelah keliling mendampingi Menteri Sandiaga Salahudin Uno. Dia berharap, dengan adanya perhatian dari Pemerintah Pusat, bisa mengembangkan wisata di Jawa Barat, khususnya Kota dan Kabupaten Bandung. Sebab, dengan meningkatkan ekonomi warga, permasalahan kamtibmas di Kota Bandung semakin berkurang. [ USU ]

Artikel Asli