Capai 97,3 Persen Herd Immunity, Desa Bone Lemo Dapat Bantuan Alat Konsentrator dari Satgas Covid-19 Luwu

bukamatanews | Nasional | Published at 13/09/2021 11:45
Capai 97,3 Persen Herd Immunity, Desa Bone Lemo Dapat Bantuan Alat Konsentrator dari Satgas Covid-19 Luwu

LUWU, BUKAMATA - Ketua Harian Satgas Covid-19 Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, usai memimpin apel pagi di Mapolres Luwu, menyerahkan piagam penghargaan dan alat konsentrator oksigen kepada Desa Bone Lemo sebagai Desa Teladan di Kabupaten Luwu dalam peran serta Penanganan Covid-19. Penyerahan penghargaan dilakukan di halaman Mapolres Luwu, Senin (13/9/2021).

Dalam penyerahan bantuan itu, pria yang menjabat sebagai Kapolres Luwu ini, turut disertai Kepala Dinkes Luwu dr Rosnary, Sekretaris BPBD Amiruddin Alwi, juga Kepala Desa Bone Lemo, Baso.

Diketahui, Desa Bone Lemo Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu, adalah desa pertama yang mendapatkan Herd Immunity (kekebalan kelompok) setelah 97,3 persen warganya sudah divaksin. Juga sekaligus menjadi desa teladan dalam peran serta penanganan Covid-19.

Piagam dan bantuan alat konsentrator oksigen, diterima langsung Kepala Desa Bone Lemo, Baso, didampingi Camat Bajo Barat, Hj Rahmatiah.

Dalam arahan singkatnya, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan, Desa Bone Lemo menjadi desa pertama kali mendapatkan Herd Immunity setelah 97,3 % dari 878 warganya sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Tujuan vaksinasi adalah memperkuat herd immunity dan kami memberikan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Desa Bone Lemo, Baso, yang kerja keras menangkal hoaks, sehingga warganya tidak percaya dengan hoaks yang tersebar, dan tetap mau divaksin. Karenanya, menjadi desa pertama di Kabupaten Luwu yang mendapat herd immunity 97,3 %," ujar AKBP Fajar.

AKBP Fajar menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi dan ini kerja keras bagi seluruh elemen. Mudah-mudahan kata dia, ini menjadi motivasi bagi warga desa lain yang ada di Kabupaten Luwu. Lanjut dia, tanpa kerja keras kepala desa memberikan pemahaman kepada warga, tidak mungkin vaksinasi berjalan lancar.

"Kita ketahui bahwa 100% orang yang meninggal terpapar Covid-19, adalah semuanya belum divaksin," kata AKBP Fajar.

Di akhir sambutannya, AKBP Fajar mengucapkan terima kasih kepada BPBD Luwu, Dinkes Luwu, Kepala Desa Bone Lemo, Camat dan Kepala Puskesmas
Bajo Barat, serta Kapolsek Bajo Ipda Irwan Taufik dan para vaksinator yang telah bekerja kerja keras, sehingga Desa Bone Lemo bisa mencapai herd immunity 97,3 %.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Luwu dr Rosnwary mewakili Satuan Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu, turut menyerahkan piagam penghargaan Desa Teladan dan uang penghargaan Rp2.500.000 dari Satuan Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu, yang diterima langsung oleh Kepala Desa Bone Lemo, Baso.

Artikel Asli